• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Diajak Rapat Bahas Banjir Oleh Komisi V DPR, 3 Gubernur Malah Mangkir

26 February
12:36 2020

KBRN, Jakarta : Komisi V DPR RI menunda Rapat Dengar Pendapat dengan 3 Gubernur, yaitu Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten, penundaan tersebut dilakukan karena 3 Gubernur tersebut tidak hadir. Komisi V sendiri sangat menyayangkan ketidakhadiran 3 gubernur ini di tengah masalah berat penanganan banjir yang melibatkan 3 provinsi.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah merasa kecewa dengan ketidak hadiran 3 kepala daerah level provinsi ini, karena 3 Gubernur tersebut yang membuat kebijakan penanganan banjir Jabodetabek.

"Kalau kita bikin kesimpulan, ibu Bupati tidak bisa ambil keputusan, bapak Sekda tidak bisa ambil keputusan, enggak bisa ambil kesimpulan, karena menyangkut kewenangan maka harus dihadiri gubernur," ungkap Syarif Abdullah saat Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Rabu (26/2/2020).

Baca juga : Kali Cipinang Meluap Jalan Pinang Ranti ke Taman Mini Ditutup

Baca juga : Pintu Tol Jati Bening Lumpuh, Ketinggian Air Hingga Merendam Truk

Baca juga : Rel Terendam Banjir, Commuter Line Bogor dan Bekasi Menuju Jakarta Hanya Sampai Manggarai

Anggota Komisi V, Bambang Suryadi menyebut tidak hanya Gubernur, Pemerintah Pusat juga harus dilibatkan dalam dukungan anggaran menuntaskan permasalahan banjir di wilayah Jabodetabek.

"Soal air banjir itu tidak punya daerah, tidak punya wilayah, bisa masuk kemana saja, kita tetap lanjutkan tetapi fokus kewenangan ada di Pemerintah Pusat," kata Bambang Suryadi.

Dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut, yang hadir yaitu Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Bupati Bogor Ade Yasin, Basarnas, DPRD DKI Jakarta.

00:00:00 / 00:00:00