• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Karhutla Kembali Terjadi di Aceh Tengah, Api Sulit Dipadamkan

25 February
17:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi di Kabupaten Aceh Tengah. Terakhir pada Senin 24 Februari 2020, kebakaran lahan dan hutan terjadi di desa Kala Nareh, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah.

Kasi Kedaruratan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Ikbal menyampaikan luas lahan yang terbakar kali ini diperkirakan mencapai setengah hektar.

Menurutnya proses pemadaman dibantu telah dibantu oleh TNI. Saat ini, BPBD kesulitan untuk memadamkan api karena kondisi medan ditambah kondisi angin yang kencang, sehingga api makin membesar dan meluas membakar lahan.

“Koordinasi dengan aparat kepolisian dan desa untuk sama-sama  memadamkan api, memberi arahan agar jangan membakar lahan kepada masyarakat. Kondisi terkini api sudah padam namun masih ada bara api yang perlu diwaspadai,” ujar Kasi Kedaruratan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Ikbal dalam keterangan pada Selasa (25/2/2020).

Ikbal mengatakan sejumlah titik api yang berhasil dipadamkan untuk mencegah meluasnya karhutla di Aceh Tengah tersebar di sejumlah Kecamatan di Aceh Tengah. Meliputi Kecamatan Luttawar, Kecamatan Bebesen dan Kecamatan Pegasing.

00:00:00 / 00:00:00