• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kejiwaan Tersangka Sunda Empire Normal dan Sehat

24 February
23:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Proses penyidikan terhadap kasus Sunda Empire masih terus berlangsung, walaupun hasil dari psikologi dari dokter kejiwaan sudah ada, tetapi jawaban dari Bank Swiss terkait dana yang disebut tersimpan belum mendapat jawaban.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan psikologis terhadap ke -3 tersangka, tidak ada gangguan kejiwaan, dalam arti kejiwaannya normal dan sehat,” ungkap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol S Erlangga menjawab pertanyaan RRI, disela kegiatan eksekusi rumah di jalur terdampak Kereta Cepat Jakarta Bandung, Desa Tagog Apu Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Senin (24/2/2020).

Ketiga tersangka masing-masing Perdana Menteri Sunda Empire Nasir Benk dan isterinya RRN yang berperan sebagai Kaisar Sunda Empire dan KAR alias Rangga sebagai Sekjen Sunda Empire.

Kelomppk Sunda Empire memiliki anggota 1.000 orang yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia namun mereka tidak memiliki markas ataupun Keraton.

Menurut Erlangga, belum ada tersangka baru dalam kasus tersebut. Sedang ancaman hukuman yang akan menjerat mereka berupa penjara 10 tahun, karena perbuatan mereka memenuhi unsur pidana sesuai pasal  14 dan 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang pemberlakuan KUH Pidana.

Perbuatan mereka sengaja menerbitkan keonaran dan menyebarkan berita bohong, berdasarkan alat bukti dan keterangan dari para ahli.

“Jadi tersangka utama Sunda Empire ada 3 orang itu. Kalau pengikut, dia hanya berharap bisa mendapatkan uang dari yang USD 500 juta, mereka ikut atas kerelaan sendiri karena ingin mendapatkan itu, sehingga kasus ini tidak ada unsur penipuan,” ujarnya.

00:00:00 / 00:00:00