• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pabrik Narkoba di Bandung Produksi 4000 Butir Pil dalam Sehari

24 February
14:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita empat juta pil narkoba, dilokasi pabrik narkoba jalan Cingised Komplek Perumahan Pemda RT 3 RW 4 Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Empat juta pil tersebut yakni 3050 butir pil dan sisanya merupakan pil dari produksi yang gagal.

Arman juga mengatakan, dari bahan baku yang ditemukan baik cair maupun powder, pihaknya mengidentifikasikan ada tiga jenis bahan yang mengandung physoitropika, obat keras yang masuk dalam daftar G serta narkotika golongan satu.

"Tiga bahan utama yaitu obat keras termasuk daftar G kemudian terdapat physotriopika dan juga ditemukan narkotika golongan satu sesuai dengan UU narkotika kita miliki. namun jumlahnya masing masing belum dihitung,"ungkap Arman kepada wartawan di lokasi penggerebegan pada Senin (24/2/2020).

Arman menambahkan, dalam satu hari pabrik narkoba di Bandung ini dapat memproduksi 4000 butir tablet/pil perharinya.  Pabrik ini dari pengakuan tersangka, baru berjalan dua bulan terakhir.

"Dapat dibayangkan, pengakuan tersangka baru 2 bulan beroperasi.  Tapi sudah memproduksi sampai 4 juta. Bisa dihitungkan," ucapnya. 

Selain mengamankan barang bukti di lokasi pabrik, petugas BNN juga berhasil menyita 400 ribu butir pil narkoba yang akan dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Ini di edarkan di pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan. Paling banyak di Kalimantan," jelasnya. 

Pihaknya saat ini menurut Arman, masih melakukan uji laboratorium beberapa barang bukti yang ditemukan di dalam pabrik, termasuk mendalami peran dari lima orang yang ditangkap.

00:00:00 / 00:00:00