• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Martias Tanjung-Taufik, Pasangan Ketiga yang Siap Bertarung Pilkada Kota Bukittinggi

23 February
19:37 2020

KBRN, Bukittinggi : Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi tampak menunggu kehadiran Bakal Calon (Balon) kepala daerah yang akan menyerahkan syarat dukungannya, terlihat wajah serius mereka saat menantikan kehadiran Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Hari ini merupakan jadwal terakhir penyerahan syarat dukungan, dan tidak beberapa setelah selesai waktu shalat Ashar, tibalah Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi terakhir, maju melalui jalur independen atau perseorangan, setelah itu langsung disambut komisioner KPU dan Bawaslu, dilanjutkan sesi konferensi pers bersama awak media.

Setelah Bakal Calon (Balon) pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal dan M. Fadhli-Yon Afrizal, selanjutnya pasangan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Martias Tanjung-Taufik Datuak Nan laweh, yang menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU Bukittinggi, Minggu (23/2/2020) sore.

Balon Wali Kota Bukittinggi, Martias Tanjung, didampingi Balon Wawako, Taufik, menjelaskan, maju sebagai bakal calon kepala daerah, merupakan bentuk komitmen pasangan 'mantab' (Martias-Taufik For Bukittinggi) untuk menjadi salah satu partisipan dari proses demokrasi di Bukittinggi.

"Terimalah kami sebagai partisipan dari proses demokrasi di Bukittinggi. Kami berkomitmen untuk  no money politik, no black campaign. Kami tidak butuh menang tapi butuh dan siap untuk juara. Kita semua di Bukittinggi bersaudara. Untuk mengikuti tahapan yang sesuai aturan, kami mengantarkan berkas syarat dukungan sebanyak 9.827 dukungan ke KPU Kota Bukittinggi," terangnya.

Sementara itu Plt Ketua KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, menuturkan, pada hari terakhir tahapan penyerahan syarat dukungan, ada dua pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang menyerahkan syarat dukungan itu.

Sehingga dari tanggal 19 hingga 23 Februari, KPU Bukittinggi menerima syarat dukungan dari tiga pasangan bakal calon.

"Selanjutnya hingga tanggal 26 Februari nanti, kami akan laksanakan pengecekan dan sebaran. Tanggal 27 Februari hingga 25 Maret akan dilakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan. Tanggal 26 Maret hingga 15 April, verifikasi faktual di tingkat kelurahan," ujarnya menjelaskan.

Disamping itu sambung Yasrul, KPU Kota Bukittinggi juga akan mengumumkan pendaftaran pasangan calon pada tanggal 9 hingga 15 Juni 2020. Pendaftaran pasangan calon baik perorangan maupun dari partai politik akan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 18 Juni 2020. 

00:00:00 / 00:00:00