• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Pacuan Kuda Tradisional Gayo : Genjot Kunjungan Wisata dan Ekonomi Aceh Tengah

23 February
17:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Kepala Bidang Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah Halimatusakdiah berharap pelaksanaan Pacuan Kuda HUT Kota Takengon ke-443 mampu menggenjot sektor pariwisata.

Pacuan Kuda Tradisional Gayo, yang kali ini berlangsung pada 24 Februari-01 Maret 2020, dinilai layak ditunggu pelaksanaannya oleh masyarakat baik yang berasal dari sejumlah kabupaten kota di Aceh maupun wisatawan.

Halimatusakdiah menyebutkan, dalam setiap pelaksanaanya puluhan ribu penonton termasuk para wisatawan selalu memadati Arena Pacuan Kuda Haji Muhammada Hasan Gayo, terutama pada dua hari terkahir pelaksanaan yakni babak semifinal dan final.

“Pacu kuda di Gayo ini sudah tidak asing bagi masyarakat, termasuk para wisatawan yang selalu menunggu pelaksanaanya. Jadi ini salah satu kegiatan, untuk meningkatkan sektor pariwisata kita, terutama dari jumlah kunjungan wisatawan,” katanya, Minggu (23/2/2020).

BACA JUGA: Pacuan Kuda Tradisional Gayo dan Lari Marathon, Agenda Sport HUT Takengon

Halimatusakdiah menambahkan, disamping mampu mendongkrak pariwisata kegiatan yang dalam beberapa tahun terakhir berlangsung dua kali setiap tahunnya di Aceh Tengah, seharusnya juga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Hanya saja pihaknya sedikit menyayangkan, hal ini belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat di kabupaten berhawa sejuk itu, mengingat sebagian besar pedagang yang berjualan berbagai jenis produk justru berasal dari luar daerah.

“Karena acara ini selalu dihadiri oleh ribuan bahkan puluhan ribu penonton, ada potensi ekonomi yang sangat besar di sana. Namun masyarakat kita selama ini kebanyakan hanya sebagai pembeli, kalau yang jualan kebanyakan dari luar,” sebutnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00