• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kendaraan Pelat Merah di Jatim Nunggak Pajak, Ini Respons DPRD

22 February
08:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, menemukan seluruh Kabupaten Kota memiliki tanggungan pajak kendaraan dinas atau plat merah. Tercatat, sebanyak lebih dari 42.324 ribu kendaraan dengan ketidakpatuhan antara 2 sampai 3 tahun.

"Hampir di setiap Kabupaten yang kita kunjungi, Komisi C itu, ternyata kondisinya hampir sama. Jadi kepatuhan Pemerintah Kabupaten Kota terhadap kewajiban mereka membayar pajak itu kelihatannya kurang tertiblah," ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim, Ristu Nugroho, Sabtu (22/2/2020).

Ristu berharap, Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang berwenang, untuk segera membayar pajak kendaraan tersebut. Hal itu, kata Ristu masyarakat akan menyoroti tindakan pemerintah tersebut, harusnya, mereka memberi contoh.

"Harapan kami, pemerintah ini, apapun kalau masyarakat melihatnya kan di pemerintah. Harusnya mereka memberi contohlah, menyelesaikannya," tambahnya.

Karena disisi lain, masyarakat diminta untuk taat pajak, tetapi kata Ristu, jangan sampai pemerintah sendiri dituding tidak taat pajak.

"Karena kita apa namanya, masyarakat kita uber uber (kejar kejar) untuk membayar pajak, tapi pemerintah sendiri kelihatannya juga banyak yang nunggak," terangnya.

"Oleh karena itu kami dorong pada UPT UPT, untuk itu diselesaikan yang plat merah," lanjutnya.

Apalagi, kata Ristu, untuk mengetahui pergerakan atau perpindahan kendaraan plat merah menurutnya lebih mudah dan lebih jelas, dibandingkan dengan kendaraan plat hitam.

"Itukan pemerintah ya itu kan jelas, dibandingkan dengan kesulitan yang dihadapi ketika kita menarik yang pajak plat hitam," katanya.

Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim, dari 81.142 kendaraan plat merah, 42.324 diantaranya masih menunggak pajak. Hal ini mengindikasikan, lebih dari 50 persen kendaraan dinas, baik roda 2 maupun roda 4, belum bayar pajak.

"Oleh karena itu, inikan peluang-peluang untuk dikejar, kemudian diselesaikan, agar tunggaan tunggaan pajak, khususnya plat merah ini segera bisa terselesaikan lebih dulu, nanti akan membawa dampak tentunya, misalnya akan memberikan contoh yang baik," tandasnya.

Sementara itu, kendaraan plat merah di Jatim, sebanyak 81.142 unit, masing masing kemdaraan roda 4 sebanyak 22.651 unit, kendaraan roda 2 sebanyak 58.452 unit dan kendaraan Alat Berat sebanyak 39 unit.





00:00:00 / 00:00:00