• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Serikat Pekerja Indosat Perjuangkan Nasib Hadapi Ancaman PHK

21 February
17:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gelombang PHK mengancam ratusan karyawan perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo.

 Namun Serikat Pekerja Indosat menyatakan menolak kebijakan PHK dan tawaran kompensasi yang diberikan perusahaan pada 14 Februari 2020.

Sejauh ini disebut-sebut ada 667 karyawan Indosat yang akan terkena PHK, dan hari ini merupakan batas bagi mereka untuk menandatangani surat PHK tersebut.

“Penawaran yang diberikan manajemen, kompensasi yang akan diberikan disesuaikan dengan waktu saat karyawan menandatangani surat PHK, semakin karyawan mengulur waktu kompensasinya akan semakin berkurang, meski eksekusinya sendiri baru di tanggal 31 Maret nanti,” ujar Kepala Bidang Humas dan Media Serikat Pekerja Indosat Ismu Hasyim di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Menurut Ismu, pihaknya menerima laporan dari beberapa karyawan yang merasa diintimidasi karena ditelpon terus menerus oleh pihak manajemen Indosat agar mereka segera manandatangani surat menerima atau tidak menerima PHK. Serikat Pekerja Indosat sendiri menyatakan menolak kebijakan PHK tersebut.

“Kami melihat substansinya bukan hanya di masalah kompensasi saja. Tapi ada indikasi pelanggaran Undang-Undang Tenaga Kerja yang menyatakan masalah PHK harus dibicarakan dulu dengan Serikat Pekerja sebelum disampaikan pada karyawan,” tukas Ismu.

Untuk itu Serikat Pekerja Indosat, tambah Ismu, sedang melakukan konsolidasi, mengumpulkan data  berapa sebenarnya karyawan yang terkena PHK dan berkordinasi dengan serikat pekerja lainnya.

“Selain juga melakukan upaya agar pihak manajemen Indosat mau duduk bersama untuk mencari win-win solution buat kita semua,” tandas Ismu.

Sementara itu pihak Indosat mengklaim lebih dari 80 persen karyawan yang terkena dampak PHK telah setuju menerima paket kompensasi, dan manajemen Indosat telah memberikan paket kompensasi yang fair dan lebih baik dari yang dipersyaratkan Undang-Undang.

Director  and Chief  of Humas Resources Indosat Ooredoo Irsyad Syahroni dalam pernyataan tertulisnya mengatakan kebijakan PHK ini tidak lepas dari perubahan organisasi di Indosat agar dapat menjalankan bisnis dengan lebih lincah, fokus pada layanan pelanggan serta dekat kebutuhan pasar.

“Kami telah mengkaji secara menyeluruh semua opsi, hingga pada kesimpulan bahwa kami harus mengambil tindakan yang sulit ini, namun sangat penting bagi kami untuk dapat bertahan dan bertumbuh,” jelas Irsyad. ()

00:00:00 / 00:00:00