• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kemenkes : Virus Corona Telah Bermutasi

21 February
17:37 2020

KBRN, Jakarta : Pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama, Jepang. Terlebih, saat ini status kapal pesiar Diamond Princess sudah meningkat menjadi episentrum baru penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

Sekretaris Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menjelaskan, bahwa peningkatan status ini disebabkan karena munculnya dugaan bahwa virus corona yang menyebar di dalam kapal mulai bermutasi. Sehingga, mereka yang berada di dalam kapal itu, baik penumpang maupun awak kapal, menjadi sangat mungkin untuk tertular.

BACA JUGA: Diamond Princess Epicentrum Baru Covid-19

“Karena dari beberapa referensi yang kami baca, kelihatannya sekarang justru positif, tetapi gejala klinisnya semakin ringan. Bahkan beberapa dilaporkan (positif), tanpa gejala atau asimptomatik,” ujar Yurianto dalam sesi konferensi pers di Ruang Naranta Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan RI pada Jumat (21/02/20).

Yuri menjelaskan, saat ini COVID-19 mulai berubah seperti layaknya flu musiman. Sehingga, seseorang dapat terjangkit virus yang menyebar pertama kali di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu tanpa adanya gejala yang selama ini muncul.

“Ini kok orang misalnya panasnya tidak tinggi, tapi kok positif. Berarti agak berubah ini virusnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Dua Opsi Rencana Pemerintah Evakuasi WNI dari Diamond Princess

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran virus Corona di Indonesia, pemerintah berencana untuk menambah masa karantina 74 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak kapal pesiar Diamond Princess, saat nanti mereka dievakuasi pulang ke Tanah Air.

Keputusan evakuasi para WNI tersebut saat ini masih menunggu proses screening kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang. (Foto: Ant/Reuters/Athit Perawongmetha & Pradipta Rahadi)

00:00:00 / 00:00:00