• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Diamond Princess Epicentrum Baru Covid-19

21 February
17:23 2020

KBRN, Jakarta : Suasana rileks terpancar dalam sesi konferensi pers di Ruang Naranta Kementerian Kesehatan RI pada Jumat (21/02/20). Dalam konpers tersebut, Sekretaris Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto menyebutkan, bahwa kapal pesiar Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama, Jepang, telah menjadi epicentrum baru virus corona ( COVID-19).

Hal itu disebabkan tingginya persentase populasi orang yang positif terjangkit virus Corona. Dari 3.711 orang yang terdiri atas 2.666 penumpang dan 1.045 kru, 15 persen diantaranya sudah positif COVID-19.

Persentase ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan presentase warga yang positif corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China yang hanya 5 persen dari total populasi.

“Artinya orang yang berada di dalam situ (kapal pesiar Diamond Princess) sudah sangat mungkin tertular,” kata Yurianto.

Seperti diketahui, jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal tersebut sebanyak 78 orang.

BACA JUGA: Dua Opsi Rencana Pemerintah Evakuasi WNI dari Diamond Princess

Empat di antaranya saat ini telah dinyatakan positif terjangkit COVID-19 dan kini tengah mendapatkan perawatan di dua rumah sakit berbeda, dua di antaranya berada di Shiba sedangkan dua lainnya di pinggiran Kota Tokyo.

“Pemerintah Jepang sudah melakukan protokol dengan sangat baik dan melayani dengan baik,” tambah Yuri menjelaskan.

Sementara itu, untuk 74 WNI lainnya, hingga kini pemerintah masih menunggu hasil screening kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang.

Rencananya, proses screening tersebut akan selesai pada 21 Februari dan akan diumumkan pada 22 Februari 2020.

“Jika ada yang positif akan dipindahkan ke rumah sakit. Tetapi yang negatif, Pemerintah Jepang sudah menyampaikan ke negara asalnya supaya menjemput karena Pemerintah Jepang tidak akan menyiapkan lokasi karantina di darat,” pungkas Yuri. (PR/Foto:Istimewa).

00:00:00 / 00:00:00