• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BCA Waspada Dampak Wabah Virus Corona, Industri Perbankan Terancam

21 February
12:33 2020

KBRN, Jakarta : Ancaman wabah virus Corona rupanya juga  diwaspadai Bank Central Asia (BCA). Rencananya BCA akan memberikan tambahan modal kepada semua anak usahanya untuk mengantisipasi dampak wabah virus corona.

Direktur Utama (Dirut) BCA Jahja Setiaatmadja kepada wartawan di  mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana hingga sebesar Rp 3 triliun. Dana itu dipergunakan  untuk penambahan modal anak perusahaan BCA. 

"Kalau mereka butuh, suntik semua anak perusahaan yang kurang vitamin, apalagi ada Corona, biar imun" kata Jahja Setiaatmadja di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (21/02/2020). 

Jahja mengatakan BCA menyiapkan dana senilai Rp 1 triliun  untuk menambah modal kepada Bank Royal. Sebelumnya BCA secara resmi telah mengakuisisi Bank Royal pada Desember 2019. 

BACA JUGA: Mantap Nih, Bunga KPR 4,63 Persen dan 3,63 Persen Kredit Sepeda Motor

BCA juga menyiapkan Bank Royal menjadi bank digital dengan menyuntikan dana sebeaar Rp 1,3 triliun. Padahal sebelumnya modal inti Bank Royal awalnya hanya Rp 319,71 miliar sebelum diakusisi BCA.

"Dampak Corona sudah pasti ada, kita lihat sekarang bahan baku semua naik, kalau nasabah kita gak cukup bahan baku, belum tentu mudah juga cari alternatif ke Eropa maupun Amerika Serikat (AS) perlu waktu,” terangnya.

“Mudah-mudahan (Virus Corona) itu gak terlalu lama, apalagi menjelang ini menjelang lebaran (2020).,” kata  Tjahja Setiaatmadja.

Sementara itu berdasarkan pantauan RRI.co.id langsung dari lokasi, Dirut BCA didampingi sejumlah pejabat BCA lainnya tampak terlihat membuka secara simbolis acara “BCA Expoversary 2020”.

Acara ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) BCA ke 63 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai 21 hingga 23 Februari 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten. 

00:00:00 / 00:00:00