• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Tiga Remaja Banda Aceh Nekat Curi Belasan Tabung Gas Melon

21 February
00:40 2020

KBRN, Banda Aceh : Satu persatu pelaku pencurian belasan tabung gas elpiji 3 kilogram (melon) digelandang ke Mapolsek Kuta Alam Banda Aceh. Tiga orang pelaku dengan menggunakan baju tahanan tampak menggunakan penutup wajah.

Mereka terpaksa berurusan dengan aparat penegak hukum guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Aksi nekat pencurian 14 tabung gas elpiji tiga kilogram itu terjadi di wilayah hukum Polsek Kuta Alam, tepatnya di Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. 

"Penangkapan dilakukan berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP.B/30/II/Yan.2.5 /SPKT tanggal 12 Februari 2020 tentang dugaan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana," kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, melalui Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono, Kamis (20/2/2020). 

Dhiza mengungkapkan, penangkapan tersangka pencurian tabung gas di lokasi yang berbeda.

"Ketiga tersangka diamankan di tiga tempat berbeda, dua tersangka ini berusia masih di bawah umur, sementara satu tersangka sudah berusia 18 tahun," ujar Dizha. 

Tiga tersangka tersebut, melakukan pencurian tabung gas milik Amoy Cs , warga Jalan Bhakti, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh yang terjadi pada hari Rabu (12/2/2020) dini hari. 

Dizha menceritakan, awalnya para korban diantaranya Amoy, meletakkan tabung gas 3 kg di TKP pada hari Selasa, (11/2/2020) sekitar jam 23.00 WIB dengan maksud besok paginya akan dilakukan pembelian gas bersubsidi. 

Kemudian pemiliknya melihat ada beberapa tabung gas yang hilang dan setelah dihitung yang hilang 14 buah tabung gas dari tujuh pemilik barang tersebut. 

Atas kejadian tersebut para korban merasa dirugikan dan membuat laporan ke Polsek Kuta alam guna proses lebih lanjut.

Setelah memeriksa para saksi, serta melengkapi berkas - berkas, unit Reskrim Polsek Kuta Alam melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut dan menemukan titik terang terhadap keberadaan pelaku pencurian. 

"Personel yang bekerja ekstra sehingga membuahkan hasil, namun setelah dilakukan penangkapan, ternyata anak di bawah umur dan ini sudah kami koordinasi dengan Bapas dan LPKS Banda Aceh. Tentunya pelaku akan mendapatkan konseling dan pendampingan selama pemeriksaan," tutur Dizha.

Para tersangka mengatakan, mengambil barang tersebut secara bertahap, yang pertama empat buah tabung gas, kedua sebanyak enam buah tabung gas dan terakhir empat buah tabung gas. 

Selain mengamankan para tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor merk Yamaha type Mio soul warna hijau dan empat buah tabung gas ukuran tiga kg warna hijau. 

Sementara dua orang tersangka selama penyidikan ditempatkan di LPKS, satu tersangka tetap berada di ruang tahanan Polsek Kuta Alam. 

"Ketiga tersangka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tegas Dhiza. 

00:00:00 / 00:00:00