• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Viral Perjuangan Petugas PLN Ambon yang Nyawanya Nyaris Melayang di Tiang Listrik

20 February
23:47 2020

KBRN, Ambon: Warga Kota Ambon dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video berdurasi pendek yang memperlihatkan seorang petugas PLN jatuh bergelantungan tanpa daya setelah tersengat aliran listri di atas kabel. Peristiwa itu terjadi di depan SPN Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, Kamis (20/2/2020) sore.

Video berdurasi 3 menit 34 detik itu diunggah melalui akun Facebook Rhema Wattimena Hengkesa. Tampak terlihat tubuh korban nyaris saja terjatuh dari ketinggian tiang listrik, namun tertahan oleh tali pengaman yang masih terikat di atas bentangan kabel dan pinggang korban. Padahal saat itu, korban sudah tidak sadarkan diri.

Terdengar warga ikut berteriak histeris karena melihat peristiwa itu dengan ‘mata telanjang’ mereka. Petugas PLN yang berada di lokasi langsung melakukan langkah evakuasi. Setelah diselamatkan dari atas kabel listrik, korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat guna mendapat penanganan medis.

Aksi heroik petugas PLN yang diketahui bernama Iksan Latuconsina, karyawan PT Tarakan, anak perusahan dari PT PLN Unit Pembangkit Wilayah Maluku dan Maluku Utara itu sedang berjuang memperbaiki kerusakan jaringan listrik di sekitar lokasi. Korban mengalami kecelakaan setelah tanpa sengaja menyentuh kabel listrik bertegangan 20 kilovolt yang berada di atasnya.

Pujian dari warganet pun memenuhi kolom komentar dari akun Facebook Rhema Wattimena Hengkesa. Bahkan sebagian warganet yang biasanya menghujat PLN dikala listrik padam pun ikut memberi sanjungan, seraya mendoakan kesembuhan korban.

“Su liat tu klw org PLN itu kerja bagaimna, taru nyawa di muka guna masyarakat banyak punya penerangan... lalu klaw lampu mati sdkit jgn sumpah2 dong. Berdoa spya org yang kerja bisa bekerja utk lampu manyala dgn baik,” tulis pemilik akun Nona Malitza di kolom komentar. 

“Sio orang" ee, lia tu e la jang talalu basanup kalau mati lampu...Dong kerja jua gade nyawa..????????,” timpal pemilik akun Felly Meturan Anthony. 

Kabar terbaru, korban sudah sadarkan diri. Namun akibat insiden itu, kedua tangan dan bagian tubuhnya mengalami luka bakar serius. Sehingga ia masih membutuhkan waktu lama untuk menjalani perawatan intensif di rumah sakit. 

Manager Komunikasi PLN Maluku dan Maluku Utara Ramli Malawat mengatakan, korban telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur standar. Saat perbaikan jaringan dilakukan, listrik juga telah dipadamkan.

“Hanya saja, saat dia berdiri, tanpa sengaja tangannya menyentuh tegangan 20 kilovolt yang berada di atasnya, sehingga korban langsung terjatuh,” kata Ramli dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, saat kejadian itu korban yang menggunakan peralatan keselamatan langsung terjatuh dari tiang listrik. Sejumlah rekan korban yang menyaksikan kejadian itu lantas berusaha menurunkan korban yang sedang tersangkut tali pengaman.

“Syukur alhamdulillah karena korban selamat dan tetap sadar saat kejadian itu. Saat ini korban dirawat di Rumah Sakit Hative Kecil dan kondisinya sangat stabil,” kata Ramli.

Setelah kejadian itu, perbaikan gangguan jaringan di kawasan itu langsung diambil alih oleh petugas PLN wilayah Maluku-Maluku Utara.

“Jaringan lokasi pekerjaan telah dilakukan eksekusi oleh petugas PLN untuk melanjutkan pekerjaan penyambungan jemperan kabel yang putus, agar jalur suplai tegangan ke kota  dapat menyala kembali,” ujar Ramli.

00:00:00 / 00:00:00