• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dubes Ishii Masafumi Resmikan Museum Mini Goa Jepang, Ikatan Emosional Jepang-Biak Numfor

20 February
23:10 2020

KBRN, Biak: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi resmikan museum Goa Jepang yang diinisiasi Polres Biak Numfor, saat mengunjungi Biak, Kamis (20/2/2020).

Peresmian Museum Mini Gua Jepang tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dubes Jepang Ishii Masafumi, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta penyerahan kunci museum kepada Kepala Kampung Goa Binsari, Yusuf Rumaripen selaku pengelola.

“Goa Jepang atau Goa Binsari di Biak selama ini terkesan tidak terawat dengan baik, jadi kami berupaya menginisiasi pembangunan museum mini ini dengan melibatkan pihak perbankan, melalui dana CSR dari BRI Biak sehingga diharapkan museum mini Goa Jepang ini dapat menjadi saksi sejarah dengan disimpannya barang-barang peninggalan Perang Dunia II yang dapat dilihat anak cucu kita,” ujar Kapolres AKBP Mada Indra Laksanta.

“Kami berharap museum ini dapat dirawat dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Indonesia yang wajib dilihat para wisatawan lokal maupun mancanegara dan tentu akan berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat setempat,” tuturnya.

BACA JUGA: Dubes Ishii Masafumi : Napak Tilas Lokasi PD II Sambil Urus Perikanan di Biak Numfor

Selaku Pemimpin BRI Cabang Biak Muhammad Sakarias menyebutkan, bantuan CSR yang digelontorkan untuk pembangunan museum mini Goa Jepang mencapai Rp 100 juta lebih.

“BRI turut mendukung peningkatan potensi pariwisata di Kabupaten Biak Numfor melalui pemanfaatan dana CSR untuk pembangunan museum mini Goa Jepang yang dikerjakan selama dua bulan dengan nilai kurang lebih Rp 142 juta,” ujar Muhamamd Sakarias.

“Keberadaan museum Goa Jepang ini, kami harap dapat dirawat dengan baik oleh pengelola dan mampu menarik kunjungan wisatawan ke Biak sebagai destinasi utama,” katanya.

Sementara Duta Besar Jepang Ishii Masafumi mengungkapkan rasa bahagianya mengunjungi Papua pertama kali dan dapat melihat langsung salah satu situs sejarah peninggalan Perang Dunia II.

“Monumen PD II dan Goa Jepang yang saya lihat saat ini, memberikan satu kesan tersendiri bagi saya yang baru pertama kali mengunjungi Papua dan khususnya Biak Numfor, karena Biak dan warga Jepang memiliki hubungan emosional sejarah masa lalu,” ungkap Dubes Jepang.

Dubes Masafumi yang didampingi Kepala Perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesia, Yamanaka Shininci, serta rombongan lainnya, sempat melihat langsung lokasi Goa Jepang dengan menuruni puluhan anak tangga dan meletakkan karangan bunga ke tugu makam para tentara Jepang.

00:00:00 / 00:00:00