• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pokdarwis, Berperan Penting Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bangka Tengah

20 February
22:53 2020
0 Votes (0)

KBRN, Koba : Seiring dengan munculnya peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka Tengah mulai mengalami peningkatan.

Ketua Pokdarwis Gerhana Desa Terentang yang sekaligus menjabat juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Bangka Tengah, Basrin mengatakan, dengan adanya peran Pokdarwis dalam mengelola potensi wisata di daerahnya masing-masing. Saat ini pengelolaan wisata sudah mulai  tertata dan terurus sehingga peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mulai terasa.

"Yang kita rasakan ada peningkatan jumlah kunjungan. Karena kita juga melakukan promosi. Banyak event club motor berkegiatan di objek-obek wisata yang dikelola teman-teman pokdarwis di Kabupaten Bangka Tengah. Mulai terasanya satu terakhir ini," jelas Basrin kepada RRI, kamis (20/2/2020).

Dikatakan Basrin, peningkatan itu dapat dilihat dari pendapatan Pokdarwis di daerah itu. Yang sebelumnya tak seberapa, sekarang sudah mulai menunjukkan peningkatan. Seperti dari pendapatan parkir, lapak dan kuliner. Serta banyaknya event yang digelar di wisata pantai terentang.

"Saat ini masing-masing Pokdarwis sudah menyiapkan program untuk menarik pengunjung ke destinasi wisata mereka," kata Basrin.

Pokdarwis sebagai ujung tombak dari pengelolaan wisata berbasis masyarakat di desa. Diungkapkan Basrin, dari sisi amenitas dan fasilitas masih kurang dan perlu dilakukan peningkatan. Sehingga mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun pihak swasta.

Karena jika fasilitas sudah memadai, menurut Basrin, kedepan akan memudahkan pihaknya dalam mengelola objek wisata dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengunjung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00