• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Mantan Kabareskim Nilai Wacana Polsek Tak Dibebani Penyelidikan dan Penyidikan Sudah Benar

20 February
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mengapungnya ide Polisi Sektor (Polsek) tidak lagi melakukan penyelidikan dan penyidikan karena Polsek bekerja dengan sistem target dinilai benar.

"Nah, ini yang saya sinyalir akhir-akhir ini terjadi begitu," ungkap Pakar Pidana Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar kepada Pro3 RRI, Kamis (20/2/2020).

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri ini mengatakan, target tersebut membuat tugas Polsek yang memiliki wilayah hukum di tingkat Kecamatan hanya terkesan mengumpulkan kasus, bukan melakukan langkah yang lebih besar.

"Misalnya menangani penyalahgunaan narkotika. Akhirnya Polisi tugasnya nangkep penyahguna saja, lupa nangkep bandar, lupa nangkep pengedar, itu kira-kira yang dimaksud oleh Kompolnas sebagai tugas Polsek hanya sebagai restorative justice, perdamaian, dan kekeluargaan saja," ujarnya.

BACA JUGA : Wewenang Polsek Untuk Penyelidikan Penyidikan Dicabut, Ini Plus Minusnya

Untuk itu kata Anang, pimpinan Polri harus mengakaji hal itu, sehingga ke depan tidak terjadi pelanggaran hukum jika wacana itu terealiasi.

"Ini pimpinan Polri harus memikirkan ini. Supaya tidak melanggar hukum kalau dibatesi, tapi tidak terlalu bebas sehinga Polsek tidak bisa dalam tanda kutip cari-cari kasus lagi," pungkasnya. (Foto: Antara/Rosa Pangabean)

00:00:00 / 00:00:00