• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menkopolhukam : Penghapusan Penyelidikan dan Penyidikan di Polsek Usulan Lama

20 February
17:21 2020

KBRN, Jakarta : Kembali dengan semangat dan gaya penuturan yang khas, Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD melayani pertanyaan wartawan seputar penghapusan penyidikan dan penyelidikan di tingkat Kepolisian Sektor (Polsek).

Mahfud menyebutkan, usulan penghapusan penyidikan dan penyelidikan di tingkat Polsek sebenarnya bukan gagasan baru. Menurutnya, usulan itu sudah ada sejak Ketua Wantimpres, Wiranto, menjabat Menkopolhukam sebelum dia.

"Itu diusulkan ke Presiden sudah lama sejak zaman pak Wiranto jadi (Menko) Polhukam," tutur Mahfud menjawab pertanyaan awak media di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Mahfud menjelaskan, usulan ini membuat penyelidikan dan penyidikan hanya dilakukan di tingkat Polres. Polsek menurutnya lebih melakukan langkah penanganan bersifat pendahuluan.

Hal ini juga lanjut Mahfud sejalan dengan fungsi pengayoman di tubuh Polri (dalam) Polri.

"Bukan menyelidiki misalnya menangkap kalau ada kejahatan, yang menyidik menyelidiki itu bahwa itu pidana atau bukan itu adalah di tingkat Polres. Apakah polisi tidak boleh? Boleh! Memang tugasnya polisi melakukan, tapi dilakukan di tingkat Polres (karena) tidak setiap Polsek melakukan itu," tutur Mahfud.

"Nah justru itu biar dekat dengan masyarakat dia melakukan fungsi pengayomannya," tambahnya melengkapi.

Meski begitu, Mahfud menegaskan rencana penghapusan penyelidikan dan penyidikan di tingkat Polsek ini masih berupa usulan. Keputusan, kata dia, tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bukan keputusan itu, itu usul kepada presiden jadi yang putuskan nanti presiden," tutup Mahfud.

00:00:00 / 00:00:00