• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Sistem Keamanan Bandara Ditingkatkan

20 February
16:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan Penyelenggaraan Sistem Civil Aviation and International Passanger Security Services (CAIPSS) di Bandara-Bandara Internasional Indonesia menjadi suatu keharusan. Baginya dengan sistem ini, setiap warga negara asing yang datang ke tanah air dapat dilacak dengan baik latar belakangnya.

"Dengan sistem ini incoming passenger list, sejak mereka pesan kita sudah tahu siapa dia. Apalagi ISIS, data ISIS, data narkoba, data pelaku kejahatan data ini, semua mereka sudah ada dalam sistem. Sehingga ketika mereka masuk, kita sudah tahu," ungkapnya kepada RRI, di Gedung Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya, dengan situasi Indonesia yang memiliki status bebas visa di 199 negara akan sangar disayangkan kalau Indonesia tidak mempunyai sistem keamanan yang baik. Bahkan baginya hal itu rentan sekali, apalagi dengan sekarang banyak foreign terrorist fighters, yang datang dari negara seperti Syria, ataupun yang memiliki berbagai kewarganegaraan.

"Tetapi dengan ada data itu yang dimiliki oleh sistem dengan tiket, kita sudah tahu. Jadi ini sangat penting," tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa untuk peralatan yang akan dipasang di bandara masih dalam pembahasan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00