• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Peringatkan Kepala Daerah Tidak Boleh Lagi Ada Anggaran Besar Disimpan di Bank Daerah di Tahun 2020

20 February
15:13 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Masih adanya anggaran daerah yang tidak digunakan dalam jumlah ratusan trilyun rupiah, dan hanya tersimpan di bank daerah, membuat Presiden Joko Widodo geram. Pasalnya, uang tersebut sudah seharusnya digunakan untuk masyarakat di daerah. Karenanya, Kepala Negara mengatakan, bahwa para kepala daerah sudah seharusnya menyadari, bahwa uang ratusan trilyun rupiah yang hanya diam di bank, dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.  

“Perlu saya ingatkan, karena di sini hadir gubernur, bupati, dan walikota, (bahwa) mengoleksi dan memungut pajak itu sangat sulit sekali, pemerintah pusat. Kemudian ditransfer ke daerah dalam bentuk DAU, DAK, dan lain-lain. Tetapi saya perlu ingatkan di November dan Oktober 20109 lalu, uang yang berada di bank-bank daerah dimana APBD itu disimpan masih ada angka Rp 220 Trilyun. Sehingga tidak pengaruhi ekonomi daerah. Disimpan di bank ada Rp 220 Trilyun. Guedhe banget ini, angka ini. Memang Desember ini turun jadi Rp 110 Trilyun, tapi juga ini masih besar sekali angkanya. Kalau itu bisa dihabiskan, sebetulnya beredar di masyarakat, ini akan pengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu. Ini yang Gubernur, Bupati, dan Walikota seharusnya sadar," ujar Presiden di Jakarta pada Kamis (20/02/20). 

Ia pun menekankan, bahwa hal tersebut tidak boleh lagi terjadi di tahun 2020.

“Jangan sampai dinas keuangan menyimpan uang di bank sebanyak ini, jangan sampai terulang di 2020,” tegas Kepala Negara.

Dalam beberapa kesempatan di tahun lalu, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan hal yang sama kepada para kepala daerah. Harapan agar penggunaan anggaran daerah dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal disampaikan oleh Presiden secara serius, agar tidak ada lagi anggaran yang diam tidak digunakan secara tepat sasaran. (PR/Foto:BPMISetpres)

00:00:00 / 00:00:00