• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kepala BATAN Pastikan Semua Fasilitas Radioaktifnya Tidak Bocor

20 February
13:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memastikan bahwa semua fasilitas nuklir dan bahan radioaktif yang mereka miliki sama sekali tidaklah bocor.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI. Bantahan itu menyusul adanya temuan logam radioaktif Cesium 137 di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

"Itu (logam radioaktif Cesium 137 di Perumahan Batan Indah) tidak berasal sama sekali dari reaktor atau kebocoran atau apapun. Saat ini reaktor beroperasi dengan aman dan selamat," tegasnya di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Bukan hanya itu, lanjut dia, di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif, BATAN juga telah menerapkan sistem akuntansi limbah yang sesuai dengan aturan keselamatan dan keamanan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

"Selain itu untuk sisi keamanan di kawasan nuklir Serpong Puspitek sejak beberapa tahun lalu, kita sudah menerapkan sistem pengamanan sesuai dengan Perka BAPETEN nomor 1 Tahun 2009 yang sesuai pula dengan rekomendasi Badan Tenaga Atom Internasional seperti yang tertuang dalam Information Circulair 225 Revisi IV," uraiannya.

"Ini penting juga. Semua fasilitas nuklir dan bahan radioaktif kami yang ada di BATAN, terutama di kawasan nuklir Serpong sudah diinspeksi secara reguler oleh BAPETEN dan IAIA secara periodik," pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00