• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Optimis PE Indonesia Masih Bisa Positif Jika Target Investasi Tercapai

20 February
13:03 2020

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo optimis, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat tumbuh sesuai prediksi, jika target investasi masuk ke Indonesia tercapai. Meski kini kondisi global masih tidak menentu, terlebih dengan adanya wabah virus Corona, Kepala Negara yakin, dengan investasi yang masuk nanti, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus positif.

"Ya memang sekarang ini ekonomi global pada posisi yang kurang baik. Kita tahu ada peristiwa perang dagang, virus Corona, dan juga di kawasan lain kondisinya tidak mendukung, untuk tumbuhnya ekonomi global untuk naik ke posisi lebih baik. Oleh sebab itu, kunci! Karena pasarnya semua turun tak mungkin kita menaikkan ekspor karena pasarnya semua turun.
Oleh sebab itu, satu-satunya jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya satu: investasi. Investasi bisa yang kecil, tengah, maupun gede," jelas Presiden di Jakarta, pada Kamis (20/02/20). 

Dengan memberikan kemudahan dalam perizinan usaha dan banyak faktor lain, maka bukan tidak mungkin, dengan banyak investor yang masuk ke Indonesia, peluang untuk perbaikan ekonomi Indonesia jadi semakin baik. 
 
"Yang kecil, misalnya dalam Omnibus Law, perizinan yang usaha-usaha kecil ini dipermudah. Mungkin hanya pendaftaran. Sehingga mereka bisa akses ke modal, keuangan. Yang tengah juga sama, yang berkaitan dengan perizinan dipermudah disederhanakan. Saya kira arah ke depan seperti itu," jelas Jokowi menambahkan. 

Jokowi pun mengatakan, jika target investasi BKPM bisa tercapai, maka bukan tidak mungkin, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh di kisaran 5,3 persen atau lebih.

"Masuk akal kalau target investasi yang kita berikan kepada BKPM tercapai yaitu kurang lebih 900 triliun," pungkas Presiden. (PR)

00:00:00 / 00:00:00