• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Polemik Formula E Monas, Megawati Langsung Angkat Bicara

19 February
19:39 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri ikut angkat bicara terkait polemik gelaran balap listrik Formula E di kawasan Monumen Naional (Monas). 

Megawati menyebutkan, sejatinya jika Monas merupakan cagar budaya, tentu ada aturan yang melarang berkegiatan yang dapat berpotensi merusak. Megawati pun mencontohkan kediamannya yang juga masuk dalam status cagar budaya juga tidak boleh sembarangan dalam merenovasi.

"Monas itu di dalam keputusan peraturan itu adalah cagar budaya, garis bawahi. Tapi jangan pula saya dibentur-benturkan Pak Anies (dengan Anis Baswedan, red), bahwa Monas itu adalah sudah pasti peraturannya merupakan cagar budaya. Artinya tidak boleh dipergunakan untuk apapun juga. Rumah saya itu masuk dalam cagar budaya DKI, saya kalau mau betulin, mesti izin. Karena ada hal-hal yang tidak ada dalam arsitektur rumah yang lain," ungkap Megawati dalam pidatonya, Rabu (19/2/2020).

Selanjutnya Megawati juga mengisahkan perjuangan Soekarno dalam membangun Monas. Dimana dari dulu hingga sekarang menjadi kebanggaan Indonesia.

"Ketika Bung Karno sudah dilengserkan, Bung Karno itu cari uang sendiri, beliau bilang, saya masih ingat karena saya dengar, kalau Monas ini, belum tentu pemerintahan akan datang bisa melanjutkan. Karena itu kan, wah yang kontra itu bilang itu proyek mercusuar dan bla-bla-bla. Tapi kalau sekarang kan jadi kebanggaan nasional. Dan beliau bilang, kalau Istiqlal terserah, pasti umat Islam akan menyelesaikannya. Itu visioner, pikiran yang visioner," ungkapnya.

Seperti diketahui, gelaran balap mobil litsrik Formula E yang direncanakan berlangsung di Monas menjadi polemik. Selain anggaran yang besar, isu manipulasi rekomendasi dari Tim Cagar Ahli Budaya (TACB) juga mencuat. (Foto : Ant)

00:00:00 / 00:00:00