• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Pidato Bung Karno 60 Tahun Silam Masih Dipandang Visioner

19 February
17:38 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pidato Bung Karno di Markas PBB yang menawarkan 'Membangun Dunia Baru' 30 September 1960 silam, kembali digemakan.

Ternyata, pidato yang disebut-sebut sebagai salah satu yang paling kontroversial dalam sejarah sidang umum PBB itu masih dipandang sebagai ide yang visioner.

Cita-cita Bung Karno tersebut disampaikan perwakilan delegasi Indonesia Komarudin Watubun, dalam Sidang Annual Parliamentary Hearing at the United Nations di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York Amerika Serikat (AS).

Kepada Pro3 RRI, Komarudin Watubun yang merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, karena penyampainnya itu, pimpinan sidang sempat turun dan menyalaminya.

BACA JUGA: Kepada Sidang PBB, Anggota DPR RI Ini Jabarkan Nilai-nilai Pancasila

"Itu kemarin saya kembali tekankan dalam sesi keenam," ungkap Komarudin, Rabu (19/2/2020).

"Ada respon bagus dari pimpinan sidang. Kebetulan dari orang India yang pernah tugas di Jakarta. Dia langsung turun mampir. Dia bilang ini visioner. Dari Italia juga datang salaman," tambahnya.

Dalam paparannya, kata Komarudin, kunci menjaga bumi ada pada nilai-nilai lokal yang ada di seluruh negara di dunia. Untuk di Indonesia, ada Pancasila yang menjadi pemersatu. Semangat Pancasila yang menjadi alat penjaga alam dengan baik.

"Saya sampaikan kita Indonesai itu terdiri dari ribuan pulau, yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tapi kita punya alat pemersatu yang namanya Pancasila, yang juga pernah disampaikan Presiden pertama Soekarno. Pancasila bisa mempersatukan perbedaan suku, agama, ras. Termasuk semangat Pancasila itu di Indonesia setiap masyarakat lokal menjaga alam dengan baik," pungkasnya. (Foto Ilustrasi : Edi Wahyono/detikX)

00:00:00 / 00:00:00