• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jadi Warisan Budaya Dunia, IPSI Jabar Usulkan Hari Pencak Silat

19 February
12:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat saat ini tengah mengusulkan hari Pencak Silat. Usulan yang dilayangkan ke pemerintah pusat tersebut, terkait ditetapkannya pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh Unesco, 12 Desember 2019.

“IPSI menyusulkan tanggal 12 Desember dijadikan hari Pencak Silat. Bukan hanya secara nasional, tapi juga dunia. Ini untuk mengapresiasi ditetapkannya pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh Unesco,”ucap Ketua IPSI Jawa Barat Icak Phinera Wijaya di Bandung Rabu (19/2/2020).

Dikatakannya juga, IPSI sudah melayangkan surat ke pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Ia juga menambahkan, selain mengusulkan hari Pencak Silat, sebagai apresiasi ditetapkannya pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia, Pemdaprov Jawa Barat juga akan membangun kampung pencak silat seluas 10 hektar.

“Mengapresiasi pencak silat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga akan membangun kampung pencak silat. Insya Alloh dana pembangunan akan dianggarkan pada APBD tahun 2021 nanti,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, setelah penetapan warisan budaya tak benda dunia, kegiatan pencak silat tidak boleh terhenti. Hal itu menjadi salah satu syarat dan penilaian Unesco, terhadap pencak silat.

“Kegiatan, event maupun gelaran pencak silat tidak boleh terhenti. Unesco akan mengawasi selama 2 tahun. Kalau terhenti, bisa dicabut lagi penetapan warisan budaya tak benda itu,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Jawa Barat Febiyani. Menurutnya, event maupun gelaran pencak silat tidak boleh terhenti.

“Berbagai kegiatan secara berkala harus tetap digelar untuk mempertahankan pengakuan dunia atas warisan budaya tak benda pencak silat,” tutupnya.

00:00:00 / 00:00:00