• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Menpora Siap Wujudkan Keinginan Jokowi Punya Timnas Basket Tangguh

18 February
21:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bakal langsung menindaklanjuti permintaan Presiden Republik Indoesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membentuk timnas bola basket tangguh untuk Piala Dunia Basket FIBA 2023. 

Indonesia, bersama dengan Filipina dan Jepang, akan menjadi tuan rumah bersama untuk penyelenggaraan Piala Dunia Basket FIBA tahun 2023 mendatang. Untuk itu, Kepala Negara meminta agar timnas basket yang tangguh segera dibentuk.

“Tentunya kita tidak mau hanya sebagai tuan rumah saja tetapi juga kita menginginkan tim nasional yang berprestasi. Nah, itu juga dibicarakan dalam rapat tadi,” ucap Zainudin mengomentari isi rapat terbatas terkait Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/2/2020). 

“Terkait persiapan timnas, kita memang ada langkah-langkah yang harus diambil, salah satunya adalah naturalisasi, tetapi tentu kita harus memaksimalkan pemain-pemain lokal, dan tadi Perbasi sudah menyampaikan ada aturan-aturan yang harus dilalui. Nah jadi dua hal ini akan kita tempuh baik naturalisasi maupun memaksimalkan pemain-pemain lokal,” jelasnya menambahkan. 

BACA JUGA: Jokowi Minta Timnas Basket Tangguh untuk Piala Dunia 2023

Untuk lebih memaksimalkan para pemain lokal, Zainudin juga mengaku bakal mempersiapkannya dengan menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di luar negeri. Hal itu demi membiasakan diri berhadapan dengan pemain-pemain dari negara lain. 

“Untuk pemain lokal, kita akan bawa keluar (negeri) untuk training, agar mereka merasakan suasana pertandingan yang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Sebab nanti kan kalau juga kualifikasinya selesai, mereka harus mempersiapkan diri untuk berhadapan dengan negara-negara lain,” tuturnya. 

Akan tetapi, Zainudin mengaku nantinya hal tersebut akan dipercayakan kepada Perbasi selaku induk cabang olahraga bola basket Indonesia untuk mempersiapkan Timnas Basket Indonesia. 

“Nantinya, persiapan timnas kami serahkan sepenuhnya kepada Perbasi yang juga disebut fisiologi manusia harus seperti ini,  karena ini kejuaraan dunia, posisi pemerintah dalam memberikan dukungan, perencanaannya seperti apa? Targetnya bagaimana? Kita serahkan pada Federasi,” imbuhnya. 

“Tentu kita akan tetap berkoordinasi antara Perbasi dengan Kemenpora. Kita akan sama-sama. Kan tuan rumahnya Indonesia, bukan Perbasi bukan Menpora, bukan instruksi dari kita siapkan,” tandas Zainudin Amali.

00:00:00 / 00:00:00