• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Olahraga yang Tak Dianjurkan Bagi Penderita Jantung

18 February
14:58 2020

KBRN, Jakarta : Olahraga memang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan diri, namun tidak semua orang dengan kondisi tubuhnya dapat melakukan kegiatan yang menguras stamina tersebut. 

Ada beberapa penyakit yang membuat sesorang tidak boleh melakukan aktifitas berolahraga pada dirinya, sebab jika tetap memaksakan akan berakibat fatal bagi penderita penyakit tersebut. 

Salah satu penyakit yang tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga secara berlebihan adalah gangguan jantung. Ya, penyakit yang paling banyak dialami golongan usia di atas 40 tahun itu tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga secara berlebihan. 

Dikutip dari berbagai media, olahraga yang berbahaya bagi penderita jantung adalah olahraga yang bersifat pertandingan atau sejenis kompetisi. 

Ya, pada dasarnya sebuah pertandingan atau sejenis kompetisi itu, olahragawan dituntut untuk bermain maksimal dan mengeluarkan segala kemampuannya agar mampu meraih hasil terbaik. 

Namun bagi penderita gangguan jantung akibat sumbatan pembuluh darah koroner itu, olahraga yang bersifat pertandingan atau kompetisi itu sangat tidak dianjurkan. Hal itu karena, seseorang yang pada dasarnya sudah memiliki kelainan jantung bisa tiba-tiba mengalami gangguan irama dan kerja jantung, lalu terjadilah serangan jantung. 

Oleh sebab itu, jika Anda terindikasi menderita penyakit jantung, sebaiknya untuk menghindari jenis-jenis olahraga yang dituntut untuk bermain maksimal.

Namun, penderita gangguan jantung bukan berarti tidak boleh berolahraga. Ada banyak aktivitas fisik guna menyehatkan organ yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh bagi penderita penyakit ini. Akan tetapi hal itu harus dilakukan secara teratur dan tidak melebihi kapasitas dari kemampuan tubuh. 

Seperti salah satu contohnya adalah Aerobik. Olahraga satu ini bisa membantu menyehatkan jantung selain baik untuk tekanan darah, kolesterol, menurunkan berat badan, dan membuat pasien berenergi.

Meskipun pada dasarnya olahraga yang satu ini terdapat banyak gerakan yang begitu energik, namun gerakan pada aerobik tidak membuat kerja otot-otot jantung menjadi berat. 

Selain itu, menurut merican College of Sport Medicine (ACSM), olahraga paling mudah dan murah untuk pasien penyakit jantung adalah jalan kaki. 

Membiasakan diri untuk melakukan jalan kaki pada setiap pagi selama setengah jam mampu menurunkan risiko diabtes, metabolik, hipertensi, kolesterol tinggi gan penyakit jantung koroner. Karena, berjalan kaki juga tidak akan membuat jantung bekerja keras. 

Selain kedua jenis olahraga itu, masih banyak beberapa jenis olahraga yang bagus untuk menyehatkan jantung. Namun, pada dasarnya semua olahraga itu agar tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab, olahraga yang berlebihan bukan memberikan manfaat yang positif bagi diri sendiri tapi akan berakibat negatif terutama bagi penderita gangguan jantung.

(DBS/Foto:istimewa)

00:00:00 / 00:00:00