• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Panggil Anggota Keluarga Wahyu Setiawan Kasus PAW

18 February
11:30 2020

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa satu orang saksi untuk kasus dugaan suap terkait pergantian antarwaktu anggota DPR periode 2019-2024, Selasa (18/2/2020) .

Saksi yang dipanggil tim penyidik KPK yaitu dari pihak swasta yang bernama Ika Indrayani, Ika merupakan salah salah satu anggota keluarga eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, yang masuk di amankan saat di lakukan operasi tangkap tangan (OTT).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WS (Wahyu Setiawan)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya di KPK.

Hubungan keluarga antara Wahyu Setiawan dan Ika Indriyani pernah diungkapkan Komisioner KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers penetapan tersangka kasus suap PAW, Kamis (9/1/2020) .

Lili mengatakan, Ika dan seorang anggota keluarga Wahyu lainnya, Wahyu Budiani, juga sempat diangkut KPK dalam rangkaian operasi tangkap tangan.

Namun, ia kemudian dilepaskan dan tidak ditetapkan sebagai tersangka.

KPK memang telah menetapkan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan caleg PDIP, Harun Masiku, mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina dan kader PDIP Saeful Bahri sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait PAW anggota DPR.

Wahyu dan Agustiani diduga menerima suap dari Harun dan Saeful dengan total sekitar Rp 900 juta. Suap itu diduga diberikan kepada Wahyu agar Harun dapat ditetapkan oleh KPU sebagai anggota DPR menggantikan caleg terpilih dari PDIP atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

Tiga dari empat tersangka kasus ini telah mendekam di sel tahanan KPK,  sementara, tersangka Harun Masiku masih buron hingga kini seolah di telan bumi.

00:00:00 / 00:00:00