• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

MV Alta : Kapal Hantu Satu Tahun Melintas Dunia, Tanpa Awak dan Mesin

18 February
10:39 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Publik pesisir Pantai Cork, Irlandia, dibuat terkejut dengan terdamparnya sebuah kapal cargo (barang) yang diduga kuat tak berpenghuni. 

Setelah diselidiki, ternyata benar MV Alta sudah ditinggalkan seluruh awaknya setahun lalu di tengah laut akibat mengalami kerusakan. Anehnya, walau sudah ditinggalkan, kapal tersebut masih terus 'berlayar' melintas Samudera Atlantik.

MV Alta dijuluki Kapal Hantu atau Ghost Ship. Kenapa demikian? Karena dia terbawa ombak, berkelana sendirian melintasi Amerika, Afrika dan Eropa, hingga akhirnya dihantam Badai Dennis di perairan Irlandia, sampai kandas di Pantai Cork.

"Ditinggalkan oleh para awaknya, kapal barang itu membuat perjalanan yang sepi melintasi Atlantik, sebuah kapal hantu yang sepertinya tidak pernah ditakdirkan untuk berlayar," tulis Rory Carroll, koresponden Irlandia, dilansir The Guardian, Senin (17/2/2020).

Kapal hantu itu kini dalam posisi kandas terjepit di atas batu, dekat Ballycotton, sebuah desa nelayan di County Cork, Irlandia, yang menghadap ke Laut Celtic. Alta nampak berkarat, namun masih utuh.

Senin kemarin, para ahli dari dewan lokal, penjaga pantai Irlandia dan komisaris kecelakaan Irlandia, datang ke lokasi untuk mendiskusikan apa yang harus mereka lakukan terhadap kapal tersebut. Sementara lokasi itu juga mulai didatangi pengunjung baik dari penduduk setempat maupun dari luar Ballycotton.

"Dewan wilayah Cork meminta anggota masyarakat untuk menjauh dari lokasi bangkai kapal karena terletak di bentangan garis pantai yang berbahaya dan tidak dapat diakses serta berada dalam kondisi tidak stabil," demikian kata perwakilan dewan lokal.

Sedangkan menurut ilmuwan lingkungan yang turun ke lokasi, mereka tidak melihat adanya polusi atau wabah apapun yang dibawa oleh MV Alta. 

Hari ini, tim akan naik ke atas kapal untuk melakukan penyelidikan, guna memastikan keamanan serta kesehatan kapal hantu tersebut. Pihak berwenang tidak berani mengambil resiko terlalu besar.

"Selasa ini sekitar pukul 7 pagi, air sudah surut, kami akan lakukan pemeriksaan lebih dekat. Risiko apa pun terkait minyak, zat berbahaya lainnya, dan polusi dari kapal akan dievaluasi," ucap otoritas keamanan.

Jauh sebelum ini, 3 September 2019, ternyata HMS Protector, Kapal Patroli Es Angkatan Laut Kerajaan Inggris Raya yang melakukan patroli sepanjang antartika, mengunggah foto MV Alta yang terombang-ambing sendirian di tengah samudera.

"Dua hari yang lalu @hmsprotector menemukan Merchant Vessel yang tampaknya ditinggalkan sementara di pertengahan Atlantik. Kami menutup kapal untuk melakukan kontak dan menawarkan bantuan kami, tetapi tidak ada yang menjawab! Sementara investigasi berlanjut, kami tidak dapat memberi Anda detail lebih lanjut tentang peristiwa aneh ini." tulis HMS Protector melalui akun Twitter resminya @hmsprotector, seperti dilihat RRI Online, Selasa (18/2/2020).

Sumber : Rory Carroll/koresponden Irlandia/The Guardian
Foto : @HMS Protector/Tangkap Layar YouTube/The Guardian

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00