• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polisi Buru Dua DPO Terkait Kasus Kematian 5 Gajah Sumatera di Aceh

17 February
19:36 2020

KBRN, Banda Aceh : Polisi kini telah mengantongi nama-nama pelaku yang diduga terlibat dalam kasus kematian lima ekor gajah Sumatera di di Desa Tuwi Pria Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya pada awal Januari 2020 lalu.

Bahkan, Satreskrim Polres Aceh Jaya telah memasukkan dua nama ke dalam daftar pencarian orang.

Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya Iptu Bima Nugraha menyatakan, alasan dua orang telah dimasukan ke dalam DPO karena yang bersangkutan tidak memenuhi pemanggilan polisi.

"Sementara kita sudah keluarkan pencarian DPO terkait ada dua saksi yang tidak memenuhi panggilan kita," kata Bima, (17/2/2020).

Namun, Dia tidak menjelaskan lebih jauh siapa dan apa peran kedua orang yang masuk ke dalam DPO tersebut, karena polisi hingga kini masih memburunya.

Menurut Bima, sejauh ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, termasuk aparat Gampong untuk dimintai keterangan. Pihaknya juga telah memanggil saksi ahli dalam hal ini PLN untuk mencari tahu aliran listrik yang diduga menyebabkan lima gajah liar itu mati.

Sebelumnya diberitakan, pada awal Januari 2020 lalu warga dihebohkan penemuan bangkai gajah berjumlah lima ekor. Lokasi temuan berada di kebun sawit milik warga. Diduga satwa dilindungi itu mati karena tersengat arus listrik yang dipasang di pagar kebun. Bahkan kecurigaan polisi ada unsur kesengajaan karena pagar listrik itu setinggi 1,5 meter.

Kondisi gajah saat dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh tim BKSDA Aceh dan Polres Aceh Jaya, sudah tidak utuh. Ada yang tinggal tulang, tengkorak dan bagian tubuh lainya. Namun gading gajah tidak ditemukan, karena berdasarkan hasil nekropsy bahwa dari lima gajah itu juga terdapat gajah jantan.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mencatat jumlah kasus konflik satwa gajah dengan manusia dalam 5 tahun terakhir meningkat. Di tahun 2019 ada 107 kasus konflik satwa yang terjadi. Sementara jumlah kematian gajah 2016-2020 ada 38 ekor. Penyebab kematian 74 persen karena konflik, 14 persen perburuan dan 12 persen mati alami.

00:00:00 / 00:00:00