• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

31 Warga Sipil Tewas, PBB Kecam Serangan Udara di Yaman

17 February
18:07 2020

KBRN, Jakarta : Sabtu (15/2/2020), serangan udara di Al-Jawf, Yaman, yang dipimpin oleh Arab Saudi, menewaskan banyak warga sipil. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan setidaknya 31 warga sipil tewas dalam serangan yang disebut Saudi sebagai pembalasan, setelah pemberontak Houthi menembak jatuh salah satu jet Riyadh sehari sebelumnya. Jet disebut-sebut ditembak dalam operasi militer yang mendukung pemerintahan Yaman.

Koordinator kemanusiaan PBB di Yaman, Lise Grande dalam pernyataannya menyatakan, duka mendalam kepada keluarga para korban yang terbunuh.

Lise menyebut banyaknya korban tewas di Yaman, merupakan suatu tragedi yang tidak dapat dibenarkan. “Di bawah pihak hukum humaniter internasional yang menggunakan kekerasan diwajibkan untuk melindungi warga sipil. Lima tahun dalam konflik ini dan para pejuang masih gagal menegakkan tanggung jawab ini. Ini mengejutkan,” ucap Grande pada Sabtu (15/2/2020), seperti dilansir dari BBC.

Akibat serang udara di Yaman itu turut menyebabkan 12 orang luka-luka, berdasarkan laporan kantor koordinator residen PBB untuk Yaman.

Melansir The Guardian disebutkan menurut siaran stasiun televisi pemberontak Al-Masirah, wanita dan anak-anak termasuk diantara yang tewas dan terluka, sebagaimana yang dilaporkan oleh pemberontak.

Sementara, provinsi Al-Jawf sebagian besar dikuasai oleh Houthi, tetapi ibukotanya tetap di tangan pemerintah yang didukung Saudi. (Foto:Istimewa)

00:00:00 / 00:00:00