• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Petani Keluhkan Tingginya Biaya Transportasi

17 February
17:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Petani kepala sawit di Provinsi Riau mengeluhkan tingginya biaya transportasi pengangkutan buah sawit. Tingginya biaya trasportasi menjadi faktor yang menyebabkan penurunan harga, sebab komposisi biaya angkutan menjadi salah satu indikator dalam penetapan harga jual kelapa sawit.

Keluhan disampaikan oleh Tri selaku perwakilan Aspek PIR Provinsi Riau, Senin (17/2/20202).

Dia menjelaskan selama ini perusahaan banyak yang tidak transparan dalam menetapkan biaya angkut atau transportasi sehingga menjadi beban bagi petani atau pekebun.

"Kemudian juga dinas perhubungan provinsi Riau juga belum memiliki standar sehingga rentan dimanipulasi perusahaan, sehingga petani menginginkan agar pemerintah memiliki standar terhadap biaya transportasi buah kepala sawit," jelasnya.

Sementara itu, Endar selaku perwakilan Astra Agro Lestari mengatakan pihaknya memiliki tim khusus yang menetapkan standar biaya – biaya yang menjadi patokan saat membeli buah dari masyarakat atau pekebun.

"Ada perhitungannya sendiri, tetapi memang bukan bagian kami, di perusahana kami ada tim khusus yang menanganinya," katanya.

Disisi lain, Dinas Perkebunan Provinsi Riau selaku otoritas akan menetapkan standar terhadap semua komponen dalam menetapkan harga tandah buah segar kelapa sawit, termasuk biaya transportasi, biaya olah dan biaya liannya yang menjadi komponen dalam penghitungan harga TBS. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00