• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Ragam Upaya Presiden Tiongkok Menjaga Bilateral di Tengah Wabah Virus Corona

16 February
17:18 2020
1 Votes (1)

KBRN, Tiongkok : Presiden Tiongkok/Cina, Xi Jinping telah menghubungi banyak presiden di Asia sampai Amerika Serikat. Tujuannya adalah memastikan Tiongkok dapat menghadapi pembasmian virus Corona Novel 2019 dan perekonomian Tiongkok tetap berjalan lancar.

Sebab, pada 6 Februari misalnya, Xi Jinping melakukan komunikasi via telepon dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saudi.

Arab Saudi menghargai apa yang sedang dilakukan pemerintah Tiongkok dalam memerangi epidemi. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga percaya Tiongkok pasti akan memenangkan pertempuan melawan virus tersebut.

Setelah menelepon Raja Arab, Xi juga berkomunikasi dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, pada hari yang sama. Xi kembali menegaskan kepercayaan diri dalam melawan penyebaran virus Corona Novel 2019 di negaranya.

"Kami berbicara soal virus corona. Mereka bekerja sangat keras dan saya pikir mereka melakukan pekerjaan yang profesional," kata Trump.

Sehari setelahnya, tepatnya pada 11 Februari silam, Xi juga dikabarkan melakukan komunikasi dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Xi, kembali menekankan, pemerintah Tiongkok bisa menang melawan virus Coron Novel 2019 dan tidak akan mengganggu kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Xi juga memberikan penghargaan kepada Indonesia atas kepercayaan dan pengertiannya selama ini.

Xi mencerminkan persahabatan Indonesia mendukung Tiongkok sebagai mitra strategis yang komprehensif. Xi mengatakan teman adalah mereka yang ada saat teman lain membutuhkan. Hal tersebut dikatakannya sudah dicontohkan Indonesia.

"Cina dan Indonesia, keduanya negara berkembang, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab (sebagai) negara-besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi.

(Sumber : dari berbagai sumber)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00