• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Curah Hujan Tinggi, Banjir dan Tanah Longsor Terjadi di Klaten

16 February
07:57 2020

KBRN, Klaten: Hujan deras yang terjadi di Klaten, Sabtu (15/2/2020) sejak siang di wilayah Klaten dan sekitarnya telah menyebabkan sejumlah sungai meluap, termasuk di Desa Karangasem Cawas Klaten. 

Di wilayah Karangasem akibat hujan deras itu tanggul Sungai Gamping jebol sepanjang lebih dari 20 meter. 

"Banjir mulai terjadi sekitar 15.00 wib dan mulai banjir sekitar jam pukul 16.00 wib. Tanggul itu jebol lagi sepanjang 22 meter," ungkap Kepala Desa Karangasem Surono kepada RRI, Minggu (16/2/2020).

Dampak dari terjadinya banjir itu tanaman padi puluhan hektar terendam banjir. Dimungkinkan tanaman padi akan mati atau gagal panen.

"Tanaman padi itu sedang meteng (hamil) sehingga dapat mati karena terendam. Luasannya kira-kira 35 hektar," tambalnya 

Sebenarnya tanggul yang jebol itu sebelumnya juga pernah jebol dan sudah dilakukan perbaikan sementara. Rencananya perbaikan akan dilakukan setelah kondisi air surut. 

Selain bencana banjir, dampak hujan deras telah menyebabkan terjadinya tanah longsor di Desa Krakitan Kecamatan Bayat. Sejumlah warga ditempat itu  terpaksa diungsikan.

"Betul sekali tepatnya di Dukuh Tobong Rt 2 RW20 Desa Krakitan karena dikhawatirkan adanya longsoran. Sehingga untuk sementara dua rumah yang berada diatas bukit diungsikan ditempati keluarganya dan KK lainnya dibawah juga diungsikan dikawatirkan terkena dampak," ungkap Camat Bayat Edi Purnomo kepada wartawan. 

Camat Bayat Edi Purnomo menambahkan, untuk  mengantisipasi segala kemungkinan pihaknya kini melakukan pengawasan. Pengawasan melibatkan berbagai unsur baik masyarakat, perangkat, relawan dan juga TNI Polri.

00:00:00 / 00:00:00