• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasca Karantina di Natuna, Malam Ini Mahasiswa Unesa Dipastikan Kembali

15 February
15:19 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Hari penantian telah berakhir, dimana seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Tiongkok, telah menjalani masa karantina selama 14 hari, bisa kembali ke daerah asal hari ini, Sabtu (15/2/2020). Tidak terkecuali sebanyak 65 warga Jawa Timur.

Sebagian besar, yakni 39 orang diantaranya merupakan warga Kota Surabaya, yang telah dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan, hingga akhirnya bisa kembali kepada keluarga masing masing. Pun juga dengan 9 mahasiswa asal Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Humas Unesa, Vinda Maya mengatakan, dari 9 mahasiswa Unesa, 8 orang diantaranya akan kembali dengan menggunakan pesawat udara dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta ke Juanda sekitar pukul 20.00 WIB, sehingga diperkirakan tiba di Surabaya sekitar pukul 21.00 WIB.

"Nanti Pak Rektor menyambut, bersama jajaran Fakultas Bahasa sama Kajur Bahasa Mandarin. Mungkin memberikan sambutan dikit, memastikan mereka baik-baik dan sehat, baru ke rumah masing-masing," ujarnya kepada RRI Surabaya, Sabtu (15/2/2020).

Vinda memastikan, jika 8 mahasiswa yang sempat menimba ilmu di Wuhan, Tiongkok tersebut, telah dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan pasca dikarantina selama kurang lebih 14 hari. Sehingga, mereka akan bisa langsung kembali kepada keluarga, tanpa ada pemeriksaan medis kembali.

"Sudah dinyatakan sehat, sudah dapat sertifikat sehat. Juanda pun sudah nggak ngecek lagi, tadi sudah saya tanya dia, Juanda KKP sudah nggak ngecek lagi jadi kayak penumpang lain," tambahnya.

Sementara itu, Vinda juga menjelaskan jika mahasiswa yang kembali ke Surabaya tersebut, akan kembali melanjutkan perkuliahan mereka. Namun masih tetap harus memastikan kondisi fisik dan psikologis mereka pulih.

"Kalau yang separuh memang waktunya kuliah. Jadi mungkin setelah semuanya stabil kondisinya, mereka sudah istirahat nya cukup, mereka memang waktunya kuliah. Karena memang ini sudah pertemuan ketiga. Kalau yang beasiswanya belum habis, mereka kuliah online dengan Wuhan," tuturnya.

Pihak Unesa, kata Vinda, juga belum membuat keputusan untuk mereka kembali ke Wuhan, jika memang kondisinya masih belum aman. 

Mahasiswa asal Unesa dari Wuhan sebanyak 9 orang yang akan kembali nanti, 8 orang yang kembali ke Surabaya. Sedangkan satu mahasiswa telah terlebih dulu kembali ke orang tuanya di Bekasi. 

"Kalau dari Natuna 9, cuma karena ada satu yang orang tuanya di Bekasi, jadi dia minta izin dari Halim langsung ke Bekasi jadi nanti yang pulang ke Surabaya itu 8," terangnya.

Sedangkan 30 orang itu WNI asal Jatim yang ada di Wuhan dengan tujuan kuliahnya macam-macam di kampusnya. Sehingga total 39 orang warga Jatim, dipastikan kembali ke keluarganya masing masing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00