• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tim Temukan Serpihan, Sumber Radioaktif Nuklir di Serpong

15 February
13:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Tim gabungan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menemukan beberapa serpihan sumber dari memaparnya radioaktif nuklir di Perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang, Banten.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan menjelaskan, pencarian dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai 8 Februari 2020 lalu.

"(Ditemukan) serpihan sumber radioaktif," katanya kepada wartawan di Perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu (15/2/2020).

Serpihan itu telah diambil oleh tim peneliti untuk didalami lebih jauh. Saat ini, tim gabungan di lapangan telah melakukan pemetaan ulang. Konkretnya dengan melakukan pengerukan tanah untuk menutupi bekas tempat serpihan limbah nuklir. Hasilnya, paparan radioaktif pun mengalami penurunan.

"Kita melakukan pengerukan tanah dan vegetasi yang di atasnya, layer demi layer, nanti setiap begitu digerus satu layer kita ukur lagi, layer kita ukur lagi sampai ke dalaman dimana paparannya sudah paparan normal," urainya.

Meski demikian, pihaknya belum bisa menginformasikan tentang seberapa parah paparan radioaktif nuklir yang ada di sekitar tempat itu. 

"Nunggu tim teknis BATAN dulu, terakhir itu masih di atas paparan normal. Dikeruk lagi turun lagi, dikeruk lagi, turun lagi, untuk yang terakhir saya belum bisa ngasih jawaban berapa. Nanti begitu ada tim teknis BATAN sudah rilis, nanti kita akan update lagi rilis yang ada di website," ujarnya.

Yang pasti menurut dia, sebelum dilakukan pengerukan tanah, paparan di lokasi terbilang sangat besar.

"Terakhir sebelum pengerukan masih sekitar 100-200 an, iya bahaya. Kalau untuk alam, seharusnya disini hanya 0,2," pungkasnya.

Perlu diketahui, berdasarkan perbincangan KBRN dengan salah satu petugas di lapangan, serpihan yang dimaksud hanya berukuran beberapa mili meter. Serpihan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah sebuah tabung sebesar jempol pria dewasa.




tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00