• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Perumahan di Serpong Terpapar Nuklir, Bapeten Libatkan Kepolisian

15 February
12:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencari tahu tentang memaparnya radioaktif nuklir di Perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang, Banten.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan menjelaskan, langkah itu mereka lakukan untuk menelisik tentang ada atau tidaknya unsur pidana dalam kasus itu.

"Yang jelas perbuatan regulasi di B3 maupun regulasi untuk limbah zat radioaktif membuang limbah itu adalah perbuatan pidana," katanya kepada wartawan di lokasi, Sabtu (15/2/2020).

"Kan terkait dengan kecelakaan kan kita koordinasi kan juga dengan Polri. Apakah kecelakaan yang kita temukan itu bisa kita tingkatkan menjadi suatu level penyelidikan pidana atau tidak," lanjutnya.

Meski demikian, lanjutnya, saat ini pihak terkait, dalam hal ini ahli forensik nuklir dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) masih mencari tahu tentang asal muasal terjadinya kasus tersebut.

"Jadi sementara sih kita nunggu hasil tim yang BATAN untuk identifikasi itu," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, saat ini telah ada beberapa petugas kepolisian yang berjaga. Di lokasi yang dilaporkan ada radioaktif nuklir pun telah dipasang garis Polisi. Tak hanya itu, ada juga dua buah mobil gegana yang terparkir di sekitar lokasi. (Keterangan Foto : Indra Gunawan berdiri persis di depan lokasi terpaparnya radioaktif nuklir)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00