• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Unik! Mengurus SKCK dan SIM di Baubau Wajib Bawa Sampah Plastik

15 February
09:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Sejak awal Februari 2020, Polres Baubau mulai memberlakukan kebijakan baru saat ke kantor layanan Publik yakni membawa sampah plastik saat hendak  mengurus SKCK dan SIM pada Sabtu (15/2/2020).

Layanan Publik Ramah Lingkungan tersebut sebagai bentuk kepedulian aparat kepolisan terhadap lingkungan dan membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mengurangi produksi sampah plastik yang kian hari semakin tak terkendali.

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengungkapkan, ajakan tersebut merupakan terobosan baru bekerjasama Bank Sampah,  sebagai langkah mencegah  terjadinya permasalah lingkungan yang berawal dari  penumpukan sampah seperti banjir.

“Berawal dari kepedulian  kita untuk mengajak masyarakat ketika berangkat dari rumah sepanjang perjalanan menemukan sampah plastik dikumpulkan untuk diserahkan ke tempat pelayanan publik yang dimiliki Polres Baubau, seperti layanan SIM, SKCK dan Samsat,” ujar AKBP Rio.

“Layanan ini sebenarnya untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan,” tandasnya.

Sampah yang terkumpul selanjutnya akan dibawa ke Bank sampah dan hasil tukarnya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Animo masyarakat dalam program tersebut cukup tinggi, terbukti hasil penukaran  sampah sebagian besar  sudah disalurkan kepada anak yatim dan fakir miskin.

Program tersebut tidak mengurangi syarat dan ketentuan dalam mengurun SIM maupun SKCK, namun semua proses berjalan sesuai mekanisme.

Adapun sampah yang dimaksud diutamakan berjenis plastik. Ia berharap, program tersebut semakin menyadarkan masyarakat agar mampu memenej sampah dan semakin peduli lingkungan.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00