• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dinkes Bali : WNA China yang Positif Corona Tertular di Negara Asalnya

15 February
07:43 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Warga Negara Asing China yang berada di Indonesia sempat dikabarkan positif terkena virus corona pada tanggal 5 Febuari 2020 lalu. WNA tersebut diduga sempat berkunjung ke Bali pada tanggal 22 Januari 2020, menggunakan maskapai Lion Air.

Menanggapi kabar ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya mengatakan bahwa pihaknya sudah mengantisipasi dan melacak hal ini setelah isu mengenai WNA ini tersebar.

"Pihak kami sudah melakukan antisipasi dan identifikasi ke tempat ia menginap di seputaran hotel di denpasar," kata Ketut Suarjaya kepada RRI, Sabtu (15/2/2020).

Selain itu, pihaknya juga telah memantau terhadap kemungkinan adanya kontak yang terpapar. Namun hingga saat ini pihaknya belum menemukan kontak atau orang sekitaran hotel tempat WNA itu menginap yang mengalami gejala-gejala infeksi saluran nafas, pneumonia, atau bahkan demam. 

Walaupun sebenarnya ada beberapa warga Bali yang mengeluh demam dan sakit lainnya sehabis perjalanan jauh ke luar negeri, tetapi sampai saat ini di Bali sendiri belum ada satupun dinyatakan terkena virus corona. 

"Ada beberapa yang ngeluh karna habis perjalanan jauh ke luar negeri tapi kami sudah melakukan pemeriksaan sempel dan hasilnya negatif," jelas Ketut.

Ia mengungkap WNA China sendiri saat diperiksa di negaranya memang positif, tetapi menurut Ketut pihaknya masih menunggu hasil dan proses yang ada. Karena diketahui bahwa WNA China tersebut terkena virus corona setelah 8 hari ia meninggalkan Bali.

"Kalau dilihat dari masa inkubasinya yang hingga 7 hari, maka sudah melewati masa inkubasi, jadi saya yakin bahwa itu tidak ditularkan di Bali tetapi ia tertular di China," jelasnya.

Karena, menurut Ketut jika WNA tersebut kembali dalam masa inkubasi yang diperpanjang selama 14 hari, maka pasti ada warga Bali yang positif virus tersebut. Tetapi sejauh ini Bali bersih dengan virus tersebut.

"WNA tersebut sudah meninggalkan Bali dari tanggal 28 Januari sampai hari ini sudah terhitung 18 hari, maka sudah lewat dari masa inkubasi dan tidak ada terdeteksi virus corona disini," jelasnya kembali.

Sampai saat ini pihak Kementerian Kesehatan dan beberapa pihak terkait masih terus melakukan pemantauan dan sterilisasi di sekitar wilayah Bali agar bersih dari virus corona.

(Foto:istimewa).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00