• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Skandal Jiwasraya Kejahatan Kerah Putih, DPR: Tak Cukup Selesai dengan Panja

14 February
19:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Fraksi Partai Demokrat DPR RI masih berharap Pimpinan DPR RI menggelar Rapat Paripurna terkait usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Angket Jiwasraya yang diusungnya bersama Fraksi PKS DPR RI.

Harapannya supaya Pansus bisa mengungkap elite dalam dugaan korupsi yang merugikan negara Rp17 triliun itu.

Hal ini disampaikan Sekretaris Fraksi Demokrat DPR RI, Didik Mukriyanto kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Didik yakin ada elite yang terlibat, mengingat kerugian negara cukup besar akibat gagal bayar perusahaan asuransi 'Plat Merah' milik pemerintah tersebut. Bagi dia, kasus korupsi Jiwasraya merupakan kejahatan kerah putih atau white collar crime karena ada indikasi elite yang bermain dalam skenario gagal bayar Jiwasraya.

"Pansus diperlukan, karena pengawasan di tingkat Panitia Kerja atau Panja, cukup terbatas dan cenderung tertutup, seperti Panja Penegakan Hukum Jiwasraya di Komisi III," bebernya.
 
Sementara tingkat Pansus, menurut Didik justru lebih terbuka. Apalagi, alat kelengkapan dewan lintas komisi itu memiliki kewenangan memanggil siapa saja pihak yang terlibat.
 
"Siapa pun yang terindikasi maupun ada info ada hubungannya secara tidak langsung bisa kita panggil kita panggil klarifikasi," ucapnya seraya menyebut bahwa kewenangan Pansus dapat melebihi kewenangan Panja yang kini sudah dibentuk dan berjalan di komisi-komisi terkait.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00