• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Myanmar Nyatakan Belum Mau Memulangkan Ratusan Ribu Etnis Rohingya di Bangladesh

13 February
17:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Myanmar belum mau memulangkan lebih dari 700.000 etnis Rohigya yang kini masih mengungsi di Bangladesh sejak kekerasan militer di tahun 2017. Alasannya menurut Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye mereka, etnis Rohingnya memiliki hak untuk tetap tinggal disana.

"Repatriasi belum kita ambil, karena beberapa, orang-orang ini punya hak sekarang dan untuk tujuan ini Myanmar akan melanjutkan membangun hubungan dengan orang-orang yang," ungkap Khin usai bertemu Menkopolhukam Mahfud MD di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Khim mengatakan Pemerintah Myanmar akan terus membangun komunikasi dengan para pengungsi perihal nasib mereka. Setelah para pengungsi paham maksud komunikasi tersebut barulah Pemerintah Myanmar menurut Khin akan memulangkan mereka. 

Hanya saja Khin dalam pernyataannya belum merinci komunikasi terkait hal apa yang dimaksud.

"Kami akan melanjutkan menjelaskan kepada mereka bahwa kami akan membuat lingkungan, ketika mereka kembali. Jadi hubungan dan komunikasi akan terus berlanjut, dan berdasarkan pemahaman yang mereka dapat dari komunikasi tersebut baru kami akan merepatriasinya," tutur Khin.

Seperti diketahui, pada bulan Januari 2020 lalu Pengadilan Hukum Internasional PBB atau ICJ memerintahkan Myanmar untuk 'melakukan segala cara' dalam mencegah aksi genosida apapun terhadap etnis Muslim Rohignya, yang telah pergi dari Myanmar sejak adanya kekerasan militer di tahun 2017 silam.

Putusan itu dikeluarkan di Den Haag sebagai respon atas pengaduan yang disampaikan November 2019 lalu, oleh negara Afrika Barat Gambia, mewakili 57 negara dalam Organization of Islamic Cooperation terhadap Myanmar yang dituduh telah melanggar konvensi genosida 1948.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00