• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Atasi Terorisme, Myanmar Jalin Kerja Sama dengan Indonesia

13 February
16:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Duta Besar Negara Republik Persatuan Myanmar untuk Republik Indonesia, Ei Ei Khin Aye menjelaskan hasil pertemuannya bersama Menko Polhukam, Mahfud MD di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/2/2020). Aye mengatakan pertemuan resmi kali ini adalah pertama kalinya Myanmar-Indonesia kerja sama membahas perlawanan terorisme.

"Myanmar telah berpartisipasi dalam bagian regional yang tak biasa pada pertemuan kementerian dan melawan terorisme tahun lalu. Penasihat keamanan nasional kami sudah menghadiri pertemuan tahun lalu," kata Aye kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/2/2020).

Pemerintah Indonesia, pada Rabu (11/2/2020) telah membuat satu kebijakan terkait hasil rencana pemulangan 660 WNI eks kombatan ISIS ke Indonesia. Rencana tersebut gagal dilakukan oleh Indonesia dengan alasan keamanan dalam negeri.

Namun, Aye mengatakan, pertemuannya dengan Mahfud juga ditunda usai membahas virus Corona Novel 2019.

"Pertemuan ini, kami juga membahas virus Coron dan kami berbagi beberapa ide, diantaranya tentang kerja sama terbaru antara Myanmar dan Indonesia," ujar dia.

Aye juga menjelaskan alasan Myanmar bekerja sama dengan Indonesia dalam melawan terorisme.

"Karena sebelumnya, kami membahas ekspedisi pelatihan teknologi dari Indonesia ke Myanmar. Itu tidak disadari, tapi rencana telah siap. Jadi, kami harus memulai dan melibatkan menteri luar ngeri segera. Itu poin pertemuan kami," katanya.

00:00:00 / 00:00:00