• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Keunikan Tradisi Hari Valetine Masyarakat Finlandia dan Estonia

13 February
08:23 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Hari Kasih Sayang atau Valentine Day dirayakan setiap 14 Februari. Di salah satu negara di Eropa seperti Finlandia, tradisi mengirim kartu ucapan Valentine Day masih dilakukan sebagaian remaja kota Helsinki, Finlandia.

Seperti yang dilakukan Taru Jäntti (27 tahun) yang menyempatkan singgah ke  kantor pos setempat di Helsinki untuk mengirim kartu ke empat teman terdekatnya. Salah satu alasan ia mengirim kartu Valentine Day karena teman adalah orang paling penting dalam hidupnya.

"Aku sedang menjalin hubungan dengan salah satu teman saat ini, dia adalah bagian penting dalam hidupku. Mereka adalah inti dari kehidupan saya," kata Jäntti seperti dikutip Times.com, Kamis (13/02/2020).

Meski di banyak negara dunia, orang lajang takut menghadapi hari Valentine, namun hal itu berbeda dengan yang terjadi di Finlandia atau Estonia. Pada 14 Februari mereka merayakan Friend Day sebuah perayaan cinta platonis sebagai sebuah hubungan persahabatan antara pria dan wanita.

Biasanya saat liburan hari Valentine di Finlandia pasangan saling bertukar cokelat atau bunga sebagai tanda saling menyayangi. 

"Saya akan mengajak teman-teman saya untuk makan malam merayakannya. Kami sudah berteman sejak kami berusia 14 tahun," ungkapnya.

Jäntti mengatakan di hari Valentine cinta romantis tidak menjadi perhatian utamanya. Yang terpenting dalam perayaan ini ada kebersamaan bersama orang terdekat seperti keluarga.

"Saya sangat senang hari Valentine adalah hari Teman di Finlandia. Di hari Valentine teman Anda sama pentingnya dengan keluarga atau orang spesial. Biasanya kita menghabiskan waktu bersama keluarga seperti perayaan Natal," terangnya. 

Lain lagi perayaan hari Valentine di Estonia. Masyarakat Estonia menganggap 14 Februari sebagai hari yang sakral.

Liisa Vesik seorang sarjana yang mempelajari hari Valentine di Estonia berpendapat liburan telah menjadi sangat populer pada periode pasca-sosialis, ketika Estonia terbebas dari belenggu tirai besi dan menjadi terbuka terhadap dunia internasional. 

Sejumlah perusahaan menciptakan produk dengan tema hari Valentine.

"Ini disesuaikan dengan lingkungan barunya di Estonia," ujar Vesik.

Di hari Valentine, baik Finlandia dan Estonia biasanya jalan-jalan didekorasi dengan aksesoris bertema cinta menjelang 14 Februari. Di hari itu merayakan semua bentuk cinta. Sejumlah pasangan saling bertukar hadiah.

Uniknya, di beberapa sekolah menengah di Finlandia, siswa akan mengenakan warna merah jika mereka memiliki hubungan asmara dan warna hijau jika mereka belum mempunyai kekasih.

Sedangkan di Estonia, orang yang belum mempunyai kekasih akan mencari cinta romantis dengan menumpangi "bus cinta" yang dirancang untuk orang yang masih sendiri dan tengah mencari cinta. (Foto: BP Guide)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00