• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Semarak Jenang Nusantara Meriahkan Hari Jadi Solo ke 275

13 February
00:34 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Semarak Jenang Nusantara kembali akan dilaksanakan, di Dalem Joyokusuman Solo, Senin (17/2/2020). Puluhan ribu takir jenang akan disajikan dalam rangkaian acara memperingati Hari Jadi Kota Solo ke 275.

Kegiatan tersebut pertama kalinya berlangsung di bekas rumah mantan Kabulog Widjanarko Puspoyo itu. Sebelumnya rangkaian kegiatan dari peringatan Perpindahan Keraton Solo dari Kartasura ke Desa Sala di Surakarta itu berlangsung di Koridor Ngarsopuro. Kemudian juga sempat dipindahkan Benteng Vastenburg selama dua kali. 

Kepala Dinas Pariwisata Surakarta Hasta Gunawan kepada wartawan menyampaikan, dalam semarak jenang kali ini ada 10 ribu takir jenang yang akan disajikan untuk ribuan masyarakat. Jenang (bubur) itu berjumlah 17 jenis, sesuai dengan kirab perpindahan keraton 275 tahun silam. 

"Ada jenang procot, jenang merah, jenang sungsum, jumlahnya 17 seperti saat dibawa kirab pindahnya Keraton Surakarta," ucapnya Rabu (12/2/2020).

Asisten Administrasi Umum Setda Surakarta Rakhmat Sutomo juga mengatakan, semarak jenang berlangsung Senin 17 Februari seusai Upacara Hari jadi Kota Solo di Stadion Sriwedari. Peserta upcara termasuk Pejabat Muspida, Muspida Koordinator akan mengikuti kirab dari Sriwedari menuju Dalem Joyokusuman. 

"Kirab dengan andong, dokar dan Bendi itu akan mengambil rute Jalan Bhayangkara ke selatan, jalan Veteran Ke timur dan berakhir di Gajahan," jelas Rakhmat.

Selain kirab jenang dan Semarak Jenang Nusantara sejumlah rangkaian acara bakal digelar dalam menyemarakkan Hari Jadi Solo ke 275. Diawali dengan ziarah ke makam sejumlah tokoh pendiri Solo, seperti ki Gede Sala, Ki Ageng Henis dan ki Ronggowarsito. 

"Kemudian juga dilaksanakan pentas seni dan budaya tari kolosal berdirinya kota Solo yang akan berlangsung di Balaikota pada Sabtu 22 Februari."

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00