• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Novel Coronavirus : 103 Jiwa, Rekor Tertinggi Jumlah Kematian Harian di China

12 February
07:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah China melaporkan jumlah kematian akibat Novel Coronavirus dalam satu hari pada Selasa (11/02/2020), sebanyak 103 orang.

Jumlah 103 kematian ini merupakan yang tertinggi dan memecahkan rekor harian yang ditetapkan sehari sebelumnya sebanyak 97 kematian.

"Meningkatnya jumlah kematian ini sangat memprihatinkan. Di China, petugas kesehatan kewalahan dan proses diagnostik tidak sesuai dengan kasusnya," kata Asisten Profesor dan Spesialis Kesehatan Masyarakat Fakultan Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Butler AS, Ogbonnaya Omenka seperti dikutip usatoday.com, Rabu (12/02/2020).

Ogbonnaya Omenka mengatakan pengujian dan konfirmasi kasus virus ini membutuhkan waktu lebih lama karena kekurangan alat diagnostik. 

"Perawatan suportif tidak tersedia untuk banyak kasus karena kekurangan fasilitas dan petugas kesehatan," terangnya. 

Tercatat, kasus Novel Coronavirus ini terus menyebar ke negara lain, hampir 500 kasus dari 43.138 kasus dikonfirmasi berada di luar China. 

Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah tiba di China pada minggu ini. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan kedatangan tim tersebut untuk membantu China sambil mempelejarai sifat-sifat wabah yang dapat membantu para ilmuwan menahan penyebarannya. 

"Dengan 99 persen kasus di China, kondisi yang sangat darurat di negara itu," ujarnya.

"Sulit untuk percaya bahwa hanya dua bulan yang lalu, virus ini telah menjadi perhatian media, pasar keuangan dan para pemimpin politik," tambahnya. (Foto: Instagram/Forbesmexico)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00