• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ridwan Saidi : Arak Ondel-Ondel itu Jadi Peluang Cari Makan!

11 February
18:25 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Mengarak kesenian ondel-ondel sebagai alat mengamen akan dilarang. Rencana itu berlaku jika revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi jadi terwujud.

Menanggapi hal itu, Budayawan Betawi Ridwan Saidi mengatakan sebaiknya wacana revisi itu difikirkan sebaik-baiknya. Jalan terbaik menurut Ridwa bukan dilarang, melainkan ditertibkan. 

"Peluang cari makan dengan cara ngarak ondel-ondel. Tinggal ditertibkan saja, jangan di jalan raya. Jadi dipikirkan lah ya, bagaimana baiknya," ungkap Ridwan pada Pro3 RRI Selasa (11/2/2020).

Menurut Ridwa, fungsi ondel-ondel dalam kebudayaan Betawi memang menjadi hiburan rakyat dengan cara diarak keliling kampung.

"Ondel-ondel itu bukan dipajang tapi diarak. Dulu sebagai hibuan rasa syukur saat pesta panen. Kalau ditarok di dekat kulkas ya aneh, itu bukan adat Betawi," ujarnya.

Selain diatur lokasi arak-araknya, yang harus diatur menurut Ridwan adalah kelayakan kostum ondel-ondel itu sendiri.

"Yang harus diatur kostumnya, yang rapi berpakaian. Dan tidak memaksa derma pada masyarakat kalau di dalam kampung. Cari solusi yang terbaik lah, jangan main larang-larang aja," pungkasnya. (ANTARA FOTO/Dodo Karundeng)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00