• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Sejarah, Parasite Menjadi Film Asia Pertama Peraih Film Terbaik Oscar

10 February
19:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Film Parasite kembali mencetak sejarah dalam Oscar 2020 dengan menjadi film Asia pertama sekaligus film non-bahasa Inggris perdana yang menang film terbaik (Best Picture) dalam ajang Oscar. Oscar menjadi salah satu penghargaan karya seni tertua di Dunia.

Para aktor dan aktris Hollywood yang hadir dalam ajang penghargaan film tertinggi di Amerika ini, langsung memberikan standing ovation kepada sutradara Bong Joon-ho dan seluruh pemain film Parasite.

“Saya tak bisa berkata apa-apa. Saya tak pernah membayangkan ini akan terjadi karenanya saya sangat bahagia. Saya pikir ini momen paling menyenangkan yang pernah terjadi. Saya ekspresikan rasa syukur terbesar saya untuk prestasi yang bersejarah ini,” ujarnya di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS,  Minggu (9/2/2020) malam atau Senin pagi waktu Indonesia. 

Salah satu perwakilan dari Parasite kemudian menyampaikan terima kasih kepada Bong Joon-Ho. Menurutnya, Bong Joon-Ho berperan besar dalam memoles Film Parasite hingga menjadi produk layar lebar yang mendunia.    

Film Parasite mampu mengalahkan film tentang Perang Dunia I, “1917” yang diunggulkan sebagai pemenang film terbaik dalam ajang ini. Dalam ajang Oscar ke 92 ini Film Parasite meraih 4 penghargaan yakni Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature dan Best Director.


Baca juga : Ini Dia, Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2020


Parasite adalah film Korea dengan genre komedi tragis yang mengisahkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga. Film ini menceritakan tentang Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarganya yang semuanya adalah pengangguran. Dia tinggal bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye Jin), anak laki-lakinya Ki Woo (Choi Woo Shik) dan anak perempuan Ki Jung (Park So Dam) di sebuah apartemen semi basement yang lembab dan dipenuhi serangga. 

Rumah mereka juga berada di daerah berpenghasilan rendah yang ada di kota Seoul. Suatu hari, Ki Woo membawa temannya, Min Hyuk (Park Seo Joon) dan minum-minum bersama. Ki Woo juga mengetahui bahwa Min Hyuk akan belajar ke luar negeri dan dia akan meninggalkan pekerjaannya sebagai tutor pribadi yang memiliki gaji yang tinggi. 

Min Hyuk ingin Ki Woo mengambil alih pekerjaannya sebagai tutor sementara dia berada di luar negeri untuk belajar. Akhirnya, Ki Woo mulai bekerja sebagai tutor untuk anak perempuan dari keluarga kaya, yaitu anak dari tuan Park (Lee Sun Gyun) dan istrinya Yeon Gyo (Cho Yeo Jeong). 

Akhirnya, kedua keluarga ini memulai interaksi mereka dengan cara yang tidak terduga dan berakhir tragis. Parasite menjadi film kedua Bong Joon Ho yang masuk nominasi dalam ajang penghargaan Festival Film Cannes setelah Okja (2017), dan Parasite menjadi film pertama Bong Joon Ho yang memenangkannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00