• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Yanti Noor, Wanita Dibalik Kesuksesan Chrisye Berkarir

8 February
22:11 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Kerja Jokowi Jilid I periode 2014-2019 menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya istri mendiang Chrisye, Yanti Noor yang meninggal dunia karena stroke. Rasa duka itu ia ungkapkan di akun Instagramnya. 

" Selamat jalan Kak Yanti Noor. Semoga bisa berkumpul kembali dengan Mas Chrisye," tulis Triawan di akun Instagramnya, Sabtu (08/02/2020).

Triawan pernah menjadi personel grup musik beraliran progressive rock Giant Step yang kesohor pada 1970-an. Boleh jadi baik Triawan dan Yanti Noor saling berdekatan. Hal ini lantaran Yanti Noor merupakan pentolan salah satu grup musik Indonesia pertama yang memiliki aransemen vokal progresif. 

Noor Bersaudara merekam album perdananya untuk label Pramaqua, seperti Harapan nan Gersang, Cinta yang Hilang, Menanti Kasih, Love Is, Kuingat Selalu dan lainnya. Menariknya lagi, hampir semua lagu dan lirik berbahasa Indonesia maupun Inggris di komposisi side A dikarang sendiri oleh mereka, sehingga Noor Bersaudara memiliki orisinalitas. 

"Yanti Noor itu anak orang padang, keluarga seniman Noor Bersaudara, dan Raidi Noor kakaknya, Yanti dulu sekretarisnya Guruh Soekarnoputra," kata pengamat musik Muhammad Subarkah kepada rri.co.id.

Kevakuman melanda Noor Bersaudara ketika masing-masing personelnya berumah tangga, salah satunya Yanti Noor yang menikah dengan Chrisye. Gaung Noor Bersaudara tidak terdengar lagi. 

Noor Bersaudara  pada 1 Desember 2007 pernah tampil di Eldorado Bandung 'Noor Bersaudara sebagai The Beatles' bertajuk The Journey Concert INA (Indonesian Association) Blues, mendapat aplaus penonton dan memperoleh respons di dunia maya. Inilah yang menjadi starting point kembalinya Noor Bersaudara untuk merekam kembali suara mereka dan merekomendasikan lagu-lagunya di album-album terdahulu.

Sementara itu, dari pernikahannya dengan Chrisye, Yanti Noor memiliki empat orang anak, antara lain Rizkia Nurannissa, Risty Nurraisa, dua orang putra kembar Rayinda Prashatya dan Randa Pramasha.

Ada pepatah yang bilang "Dibalik Kesuksesan Suami, Ada Istri Yang Hebat". Pepatah ini, benar adanya dan  bisa dijadikan acuan sebuah kesuksesan seseorang serta Keluarga. Banyak lelaki yang hebat di dunia ini didukung oleh istri dan sebaliknya. 

Subarkah yakin kesuksesan Chrisye di blantika musik Indonesia tidak lepas dari peran Yanti Noor. " Ya pastinya itu," ujar Subarkah. 

Kehilangan sosok Yanti Noor tak hanya dialami Triawan Munaf. Musisi muda yang juga vokalis D'Masiv Rian Ekky Pradipta sangat kehilangan sosok istri mendiang Chrisye, Yanti Noor. Rasa kehilangannya itu, ia unggah dalam akun Instagramnya.

"Saya cukup kehilangan.. ketika tau Tante yanti noor pergi untuk selama nya..sosok istri yg luar biasa," tulis Rian di akun Instagramnya, Sabtu (08/02/2020). 

Di akun Instagramnya itu, Rian tampak berfoto bersama almarhumah Yanti Noor sambil memegang gitar peninggalan Chrisye. 

"Gitar akustik kramer ini sangat berkesan buat saya.. Almarhumah sempat berkata kepada saya waktu itu.. gitar ini di beli Alm chrisye di jerman sekitar tahun 80an.. dan jadi salah satu gitar yg di sayang almarhum.. sampai jumpa lagi tante yanti noor.. Al fatihah..," tulis Rian lagi. 

(foto: instagram/ triawan munaf)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00