• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Hebat! Mahasiswa PGRI Madiun Ciptakan Motor Listrik "BISMA"

8 February
13:14 2020
1 Votes (5)

KBRN, Madiun : 11 mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun berhasil menciptakan motor listrik yang diberi nama "BISMA". Motor listrik BISMA merupakan hasil output mata kuliah Pemanfaatan Energi Listrik prodi PTE.

BISMA diluncurkan Sabtu, (8/2/2020) pagi di laboratorium terpadu UNIPMA dihadiri Wakil rektor 3 UNIPMA, Drs. R. Bekti Kiswardianta, M.Pd., wakil dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIPMA, Dr. Sumani, M.Pd, segenap dosen, karyawan dan mahasiswa UNIPMA. Kiswardiantara yang turut melakukan test drive menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswanya yang telah menerapkan ilmu yang didapatkan dari perkuliahan. Sebagai bentuk dukungan UNIPMA, kedepan akan didirikan unit produksi yang digunakan sebagai unit usaha mahasiswa.

“Kita ingin ini diproduksi, tapi ini pasti ada syarat seperti keamanan, kenyamanan dan lain-lain yang harus dipenuhi. Kami berharap ini bisa jadi produk unggulan dari PTE karena saya tahu PTE sudah punya banyak karya seperti listrik tenaga surya dan lampu hemat energi itu sudah banyak dipesan. Saya kira ini baru awal,” ungkap Kiswardiantara.

Pihak universitas menurutnya memiliki peran penting dalam mempromosikan karya mahasiswa tersebut. Untuk itu, Kiswardiantara berharap lembaga dapat melakukan pengadaan “BISMA” setelah diproduksi lebih banyak.

“Saya kira minimal nanti lembaga akan menggunakan ini sebagai moda transportasi sekaligus sebagai tester,” imbuhnya.

Saat disinggung mengenai dukungan perijinan, Kiswardiantara menegaskan bahwa UNIPMA akan selalu memberi dukungan penuh.

“Selalu, apapun yang dibutuhkan sekalu kita support dari belakang karena ini adalah produk inovasi yang membutuhkan banyak dana dan pemikiran. Setelah ini menjadi produk unggulan semoga ini bisa memicu mahasiswa lainnya bahwa perkuliahan bukan hanya teori saja. Kita akan lebih asah softskill seluruh mahasiswa,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00