• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Aktor Legendaris Kirk Douglas Meninggal di Usia 103 Tahun

6 February
07:38 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Aktor legendaris Kirk Douglas dikabarkan meninggal dunia dalam usia 103 tahun. Informasi tentang berpulangnya Kirk Douglas diungkapkan putranya, Michael Douglas di akun Instagramnya. 

"Dengan kesedihan yang mendalam, saya dan saudara-saudra lelaki saya mengumumkan bahwa Kirk Douglas meninggalkan kami hari ini di usia 103 tahun,"tulis Michael Douglas, di akun Instagramnya, Kamis (6/2/2020).

Menurut Michael, ayahnya seorang legenda, aktor dari zaman keemasan film-film yang dibintanginya. Baginya, ayahnya tersebut seorang manusia yang berkomitmen terhadap keadilan dan tujuan-tujuan yang dia yakini menentukan standar bagi kita semua. 

"Bagi saya dan saudara lelaki saya, Joel dan Peter, ia hanyalah Ayah, bagi Catherin, seorang ayah mertua yang luar biasa, bagi cucu-cucunya dan cicit dari kakek mereka yang pengasih dan bagi istrinya Anne, seorang suami yang luar biasa," tulisnya lagi.

Michael kemudian menceritakan kehidupan Kirk Douglas yang dijalani dengan baik, ia meninggalkan warisan dalam film yang akan bertahan selama beberapa generasi yang akan datang. Selain itu, ayahnya itu seorang dermawan yang membantu masyarakat dan membantu perdamaian di bumi ini. 

"Ayah aku sangat mencintaimu dan aku sangat bangga menjadi putramu. #KirkDouglas," ungkapnya di akun Instagramnya.

Dikutip usatoday.com, karier film Kirk Douglas dimulai saat debutnya menjadi pemeran utama dalam film "The Strange Love of Martha Ivers" tahun 1946 bersama Barbara Stanwyck. Ia berperan di film itu setelah teman sekelasnya Lauren Bacall meminta produser film itu Hal Wallis memberikan tes layar kepada Douglas. 

Selanjutnya ia menggarap film I Walk Alone bersama Burt Lancaster. Chemistry bersama Lancaster sangat kuat sehingga mereka membuat tujuh film bersama termasuk film Gunfight at the OK K. Coral (1957) dan film thriller politik Seven Day in May (1964). Kolaborasi dengan Lancaster dalam komedi gangsrer Tough Guys di tahun 1986. 

Douglas masuk nominasi Oscar di tahun 1952 - 1953 lewat The Bad and The Beautiful dan perannya sebagai Van Gogh di film Lust for Life (1957). Selain itu ia berperan sebagai Kolonex Dax dalam film anti perang Paths of Glory (1957) dan bermain sebagai pemimpin kerajaan Romawi dalam film Spartacus (1960).  (foto: instagram/michael douglas)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00