• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Gubernur Sumbar Resmikan Command Centre

5 February
19:03 2020
0 Votes (0)

KBRN,Bukittinggi; Setelah proses pengerjaan dan pengadaan yang memakan waktu lima bulan sejak triwulan terakhir 2019, akhirnya Pusat Komando Sumatra Barat (Sumbar) diresmikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Rabu (5/2/2020).

Command center merupakan salah satu fasilitas yang diperlukan dalam menjalankan fungsi organisasi, seperti pengawasan dan pengambilan keputusan.

Untuk itu, diperlukan lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang memadai di tempat ini, seorang pemimpin dapat melakukan pertemuan, mengambil keputusan yang ditugaskan, mengkoordinasikan, melakukan monitor dan mengatur seluruh tindakan yang diperlukan sebagai tanggapan terhadap masalah yang dihadapi.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, sebagai sebuah organisasi, Pemerintah Provinsi Sumbar semestinya memiliki fasilitas ini, sebab merupakan daerah rawan bencana yang memerlukan tempat merumuskan tindakan tanggap darurat kompilasi musibah terjadi.

"Fungsi utama pusat komando yang terdapat di Diskominfo sebagai data besar. Selain itu juga fasilitas teleconference.

Jika media yang di kantor gubernur digunakan untuk tatap muka dengan pusat, maka yang di sini digunakan untuk pergantian dengan kabupaten / kota," sebut dia. Selain tanggap bencana, pusat komando ini akan digunakan saat pilkada serentak 2020.

"Pilkada 2020 di depan mata. Kita memerlukan kondisi agar Sumbar siap menggelar pemilihan serentak agar kondusif kondusif tercipta," katanya. 

Dalam kesempatan itu juga berlangsung teleconference antara gubernur dengan pimpinan daerah Kota Solok, Kabupaten Solok, Dharmasraya dan Bukittinggi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00